Logo Bloomberg Technoz

Anies & Mahfud Gerilya Live Tiktok, Prabowo Belum, Seefektif Apa?

Pramesti Regita Cindy
02 January 2024 12:26

Moderator swafoto bersama Capres usai ebat perdana Capres di Kantor KPU, Selasa (12/12/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Moderator swafoto bersama Capres usai ebat perdana Capres di Kantor KPU, Selasa (12/12/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kini platform Tiktok, kanal media sosial mulai menjadi media yang dilirik oleh para pasangan calon di Pilpres 2024. Terbukti, Capres Anies Baswedan mulai memanfatakannya dengan live Tiktok. Bahkan audiens Anies hingga ratusan ribu sekali live. Sementara Mahfud baru mengawali dn di awal-awal langsung mendapat lebiyh dari 5 ribu visitors.

Berbeda dengan pasangan nomor urut 1 dan 3, pasangan nomor urut 2 juga memanfaatkan Tiktok tetapi belum secra langsung dengan tayangan live. Yang terjadi selama ini adalah potongan video dan gambar Prabowo-Gibran yang diedarkan di Tiktok dan kemudian diberikan bumbu kampanye. Interaskksi di Tiktok dinilai pengamat Komunikasi Politik penting apalagi merebut suara yang belum menetapkan pilihan. Segmen Tiktok juga dinilai ramai pemilih pemula yang perlu dimenangkan hatinya.

"Persaingan merebut segmen ini akan sangat krusial bagi pasangan Amin (Anies-Muhaimin) dan GAMA (Ganjar-Mahhfud) yang terpaut sangat tipis perolehan suaranya berdasarkan berbagai survei," kata Wahyutama dari Program Magister Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina ini, dihubungi pada Selasa (2/1/2024).

Interaksi yag dilakukan via TikTok dinilai adalah hal positif. Namun demikian ada sejumlah catatan agar bentuk kampanye ini tak hanya sekadar gimik.

"Ini menandakan keinginan kandidat untuk berinteraksi langsung, berdiskusi dan menjawab pertanyaan dari calon pemilihnya. Ini merupakan sesuatu yang menyerupai demokrasi langsung di Yunani klasik, di mana deliberasi dan diskusi publik terjadi secara intens," ujarnya.