Logo Bloomberg Technoz

Pesawat yang Tabrakan dengan Japan Airlines Bawa Bantuan Gempa

Delia Arnindita Larasati
03 January 2024 12:30

Pesawat Japan Airlines Co tabrakan. (Dok: Tangkapan Layar Video Bloomberg)
Pesawat Japan Airlines Co tabrakan. (Dok: Tangkapan Layar Video Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Lima personel Penjaga Pantai Jepang dipastikan tewas setelah pesawat mereka bertabrakan dengan pesawat Japan Airlines di Bandara Haneda, Tokyo pada Selasa.

Dikutip dari NHK, pihak Penjaga Pantai Jepang mengatakan pesawat tersebut bertabrakan dengan salah satu pesawatnya tak lama setelah mendarat sekitar pukul 18.00 waktu setempat. Mereka mengatakan ada 6 orang di dalam pesawat dan semuanya meninggal dunia, kecuali pilot yang terluka parah.

Pihak penjaga pantai Jepang mengatakan pesawatnya hendak mengirimkan bantuan ke Prefektur Niigata yang dilanda gempa dengan magnitudo 7,6. Lebih dari 50 orang dinyatakan tewas dalam gempa tersebut.

Setelah tabrakan, pesawat Japan Airlines dilalap api. Lebih dari 100 mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkannya. Seluruh penumpang, yang berjumlah 379 orang termasuk 8 anak-anak, berhasil menyelamatkan diri.

Salah satu penumpang mengatakan pesawat dipenuhi dengan asap. Para kru menyebut pintu di tengah dan belakang pesawat tidak dapat dibuka. Semua orang menggunakan pintu keluar depan untuk menyelamatkan diri. Sebanyak 14 orang mengalami luka-luka setelah insiden tersebut.