Logo Bloomberg Technoz

Tabrakan di Landasan Pacu Tokyo Tewaskan 5 Orang

News
02 January 2024 21:15

Pesawat Japan Airlines Co tabrakan. (Dok: Tangkapan Layar Video Bloomberg)
Pesawat Japan Airlines Co tabrakan. (Dok: Tangkapan Layar Video Bloomberg)

Danny Lee - Bloomberg News

Bloomberg, Semua 379 orang yang berada di dalam pesawat Japan Airlines Co berhasil menyelamatkan diri setelah pesawat jet Airbus tersebut terbakar usai bertabrakan dengan pesawat yang lebih kecil setelah mendarat di Bandara Haneda, Tokyo. Sementara sebagian besar kru di pesawat lainnya tewas.

Para penumpang dan kru pesawat berhasil dievakuasi dengan selamat dari pesawat Airbus A350-900 tersebut, ujar seorang juru bicara maskapai. Lima dari enam kru pesawat penjaga pantai Jepang yang bertabrakan dengan pesawat jet yang lebih besar telah meninggal, menurut pemerintah.

Rekaman dari lapangan terbang di luar gedung bandara Haneda menunjukkan bahwa pesawat jet Airbus tersebut bertabrakan dengan pesawat lainnya sesaat setelah mendarat karena gelap, kemudian tergelincir dalam kobaran api. Jet JAL terlihat miring ke depan dengan roda pendaratan depan yang runtuh, api menjalar dari jendelanya dan asap mengepul di atas badan pesawat ketika petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan kobaran api.

Rekaman selanjutnya menunjukkan seluruh bagian pesawat dilalap api yang sangat besar, yang menunjukkan bahwa pesawat tersebut rusak dan tidak dapat diperbaiki lagi. Pesawat berbadan lebar itu membawa 367 penumpang dan 12 awak. Stasiun televisi NHK mengatakan bahwa setidaknya 17 orang di dalam pesawat JAL mengalami luka-luka.