Logo Bloomberg Technoz

PDIP Klaim AI Buktikan Sentimen Positif Tertinggi Ganjar-Mahfud

Pramesti Regita Cindy
03 January 2024 00:05

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan riset PDIP soal sentimen ke Ganjar-Mahfud (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita)
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan riset PDIP soal sentimen ke Ganjar-Mahfud (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyebut pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut tiga, Ganjar Pranowo-Mahfud MD mendapatkan sentimen positif dalam tujuh hari terakhir berdasarkan survei internalnya. 

"Dalam catatan 7 hari terakhir (Ganjar-Mahfud) terdapat sentimen positif yang sangat besar," kata Hasto dalam paparannya di konferensi pers awal tahun 2024 di kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta Pusat, Selasa (2/1/2023).

Dia kemudian memaparkan hasil temuan survei internal yang disebut berdasarkan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Hasto mengklaim bahwa sentimen positif terhadap Ganjar-Mahfud lebih besar ketimbang dua pasangan calon lainnya yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (nomor urut 1) dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (nomor urut 2). 

"Sehingga dengan atmosfer yang positif dengan sentimen positif dari pak Ganjar dan Prof Mahfud MD, sentimennya itu yang paling besar daripada yang lain dari data AI kami," jelasnya.

Dengan hasil tersebut, Hasto merasa yakin bahwa Ganjar-Mahfud akan meraih suara yang signifikan hingga hari pencoblosan pada 14 Februari 2024 mendatang.