Logo Bloomberg Technoz

Jepang Cari Korban Selamat Usai Gempa Bumi Tewaskan 48 Orang

News
02 January 2024 19:50

Sebuah rumah rusak akibat gempa bumi di Nanao, Prefektur Ishikawa, Jepang, Selasa (2/1/2024). (Soichiro Koriyama/Bloomberg)
Sebuah rumah rusak akibat gempa bumi di Nanao, Prefektur Ishikawa, Jepang, Selasa (2/1/2024). (Soichiro Koriyama/Bloomberg)

Erica Yokoyama dan Jon Herskovitz - Bloomberg News

Bloomberg, Korban tewas akibat gempa kuat yang meruntuhkan bangunan-bangunan di Semenanjung Noto di pantai barat laut Jepang meningkat menjadi hampir 50 orang. Hal ini didasarkan pada hasil pencarian korban di bawah reruntuhan oleh petugas penyelamat di lokasi tersebut.

Salah satu tempat yang paling parah terkena dampak gempa berkekuatan 7,6 magnitudo pada Senin adalah Wajima, sebuah kota berpenduduk sekitar 23.000 orang yang terkenal dengan pernis dan pelabuhan perikanan di Laut Jepang. Media Jepang, Kyodo News melaporkan, sebuah kebakaran di jantung kota usai gempa melalap sekitar 200 rumah dan toko. Para pejabat prefektur pun mengatakan setidaknya 19 orang telah dikonfirmasi tewas di kota tersebut.

Gempa susulan mengguncang wilayah sekitar 315 kilometer (195 mil) barat laut Tokyo. Lembaga penyiaran jepang, FNN melaporkan, pemerintah Jepang juga telah mengirimkan sekitar 1.000 tentara beserta peralatan dari Pasukan Bela Diri untuk membantu upaya penyelamatan.

Juru bicara pemerintah, Yoshimasa Hayashi mengatakan, ada 120 permintaan untuk menyelamatkan diri dari gedung-gedung yang runtuh. Hayashi juga mendesak masyarakat untuk menahan diri dari menyebarkan informasi yang tidak benar tentang kerusakan. Dia mengklaim gempa tersebut tidak memengaruhi keamanan pembangkit nuklir di dekatnya.