Logo Bloomberg Technoz

Outlook Minyak Dunia 2024: Stok Banjir, Harga Bakal Tergelincir

Sultan Ibnu Affan
29 December 2023 10:20

Pekerja mengambil sampel minyak mentah di Piura, Peru./Bloomberg-Sebastian Castaneda
Pekerja mengambil sampel minyak mentah di Piura, Peru./Bloomberg-Sebastian Castaneda

Bloomberg Technoz, Jakarta – Harga minyak dunia pada 2024 diyakini tidak akan menguat signifikan dibandingkan dengan tahun ini, berbanding lurus dengan estimasi bahwa berbagai indikator perekonomian global akan tetap lesu pada tahun depan.

Presiden Komisioner HFX Internasional Berjangka Sutopo Widodo mengatakan, memasuki 2024, risiko resesi negara-negara maju – meski terdapat indikasi terjadinya soft landing – masih tetap tinggi.  

“Akibatnya, harga minyak dan gas pada 2024 akan memiliki lebih banyak potensi penurunan dibandingkan dengan kenaikan,” ujarnya saat dihubungi, Jumat (29/12/2023).

Dengan demikian, dia memperkirakan harga minyak kemungkinan besar tidak akan kembali mendekati level US$100/barel pada tahun depan. Tanpa adanya titik terang terhadap resolusi konflik geopolitik di beberapa wilayah, peluang bullish harga minyak disebutnya “hampir nol”.

“Dalam hal harga, analisis teknis menunjukkan dukungan yang cukup besar pada US$65/barrel [untuk tahun depan], jika resesi global melanda,” kata Sutopo.

Pergerakan harga minyak sepanjang tahun hingga 29 Desember 2023./dok. Bloomberg