Logo Bloomberg Technoz

Harga Minyak Dunia Turun Usai Peningkatan Data Stok AS

News
29 December 2023 05:55

Kapal tanker minyak./Bloomberg-Patrick T. Fallon
Kapal tanker minyak./Bloomberg-Patrick T. Fallon

Mia Gindis dan Alex Longley - Bloomberg News

Bloomberg, Harga minyak dunia turun untuk keempat kalinya dalam lima sesi usai meningkatnya persediaan di pusat penyimpanan utama AS di Cushing, Oklahoma. Hal ini mengimbangi penurunan stok nasional sehingga memberikan gambaran yang beragam terhadap permintaan.

West Texas Intermediate (WTI) tergelincir 3,2% dan menetap di bawah US$72 per barel setelah naik ke level tertinggi sejak November di awal minggu ini. Data pemerintah AS menunjukkan bahwa stok minyak mentah nasional turun 7,1 juta barel, penurunan terbesar dalam satu minggu sejak Agustus 2023. Namun, persediaan di Cushing bertahan stabil di level tertinggi sejak bulan yang sama. 

Volume kontrak berjangka tetap rendah selama minggu liburan ini, dengan aktivitas perdagangan di bawah rata-rata 50 hari dalam delapan sesi terakhir. Timespread terus menunjukkan pelemahan pasokan jangka pendek.

Pembangunan di Cushing "bersama dengan musim dingin yang ringan membuat harga tetap rendah," kata Dennis Kissler, wakil presiden senior di BOK Financial. Namun sebagian besar, perdagangan berombak pada hari Kamis dapat dikaitkan dengan volume liburan yang tipis, dengan penjualan teknikal yang mendorong minyak lebih rendah karena harga menembus indikator rata-rata bergerak, tambahnya.