Logo Bloomberg Technoz

Jepang Akan Lakukan Percobaan Ke-3 Peluncuran Roket H3 Tahun 2024

News
28 December 2023 13:40

Roket H3 milik Jepang. (Dok: Bloomberg)
Roket H3 milik Jepang. (Dok: Bloomberg)

Nicholas Takahashi - Bloomberg News

Bloomberg, Jepang berencana untuk meluncurkan roket H3 andalannya pada Februari setelah dua kali gagal dalam dua kali percobaan untuk meresmikan pesawat tersebut pada tahun 2023 yang diwarnai dengan kesalahan langkah yang merugikan dan kemunduran besar.

Menurut pernyataan Badan Eksplorasi Kedirgantaraan Jepang (JAXA), Kamis (28/12/2023), roket H3 akan lepas landas antara pukul 09.20 dan 13.00 waktu setempat pada 15 Februari dari Pusat Antariksa Tanegashima di Jepang selatan. Meski begitu, jadwal peluncurannya masih bisa berubah karena kondisi cuaca dan baru akan ditetapkan dua hari sebelumnya.

Roket dengan muatan berat setinggi 63 meter yang dibangun oleh Mitsubishi Heavy Industries Ltd ini merupakan upaya terbaru Jepang untuk memanfaatkan permintaan yang terus meningkat akan kendaraan peluncuran di industri ruang angkasa global.

Pesawat luar angkasa (Sumber: Bloomberg)

JAXA ingin H3 dapat bersaing dengan Falcon 9, roket yang dapat digunakan kembali dari Space Exploration Technologies Corp milik Elon Musk, atau yang lebih dikenal dengan nama SpaceX. Sementara H3 memiliki beberapa bagian yang dapat didaur ulang, roket Jepang ini hanya sekali pakai.