Logo Bloomberg Technoz

Itu menandai perkembangan yang signifikan dalam pemulihan hubungan antara dua musuh tradisional, yang telah berselisih tentang sejumlah masalah termasuk keterlibatan kelompok-kelompok Islam setelah Musim Semi Arab dan Perang Saudara Libya pada 2011.

Kesepakatan perdagangan difokuskan pada sektor-sektor antara lain agritech, energi bersih, logistik dan konstruksi, katanya.

Perjalanan Mus menandai kunjungan pengawas pertama oleh seorang pejabat senior Turki sejak gempa dahsyat yang melanda sebagian Turki dan Suriah pada Februari. Bantuan atau bantuan lain dari UEA tidak disertakan dalam pengumuman tersebut.

Ekonomi Turki tumbuh 5,6% tahun lalu, mengakhiri 2022 dengan pertumbuhan yang lebih cepat dari yang diharapkan karena pemerintah meningkatkan pengeluaran menjelang pemilu. Namun, gempa bumi akan menimbulkan kerugian yang diperkirakan oleh Bank Dunia lebih dari US$34 miliar.

Selain perjanjian pertukaran mata uang senilai US$4,9 miliar dengan Turki tahun lalu, UEA menjanjikan investasi bernilai miliaran dolar di Turki melalui entitas yang berafiliasi dengan pemerintah.

Perdagangan bilateral antara kedua negara mencapai hampir US$19 miliar pada 2022, kata Al Zeyoudi.

UEA, produsen terbesar ketiga OPEC, semakin mendorong untuk mengembangkan posisinya sebagai pusat bisnis dan keuangan global, terutama karena menghadapi persaingan regional yang makin meningkat dari negara tetangga Arab Saudi.

Itu memulai perjanjian kemitraan ekonomi yang komprehensif dengan beberapa ekonomi yang tumbuh cepat di seluruh dunia termasuk dengan India, Indonesia dan Israel.

(bbn)

No more pages