Logo Bloomberg Technoz

RI Diminta Kembangkan Talenta Agar Tak Terjebak Jadi 'Pasar'

Azura Yumna Ramadani Purnama
22 December 2023 09:15

Ilustrasi aktivitas ekonomi. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi aktivitas ekonomi. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Rektor Universitas Indonesia (UI) Ari Kuncoro menerangkan bahwa Indonesia harus terus mengembangkan talenta atau sumber daya manusia agar negara ini tidak hanya selalu menjadi pasar bagi banyak produk.

Ari menjelaskan bahwa dalam periode empat tahun terakhir Indonesia mengalami kemajuan dalam hal indeks talenta dunia. “Indonesia memanjat 14 anak tangga,” terangnya dalam acara Outlook Ekonomi 2024 oleh Kemenko Perekonomian di Jakarta, Jumat (22/12/2023).

Ia menambahkan telah terjadi peningkatan kecakapan individu yang ada di Indonesia, dimana pengembangan mengalami kemajuan dari sisi pengetahuan dan kemampuan mengelola.

Hal ini salah satunya disulut oleh pandemi Covid-19 yang telah berlangsung sebelumnya, juga ketegangan geopolitik. “Jadi situasi eksternal itu memaksa transisi dalam sistem SDM, kecakapan individu meningkat,” terang dia.

Ari menjelaskan bahwa bagaimana kemudian para pengusaha warung makan beradaptasi dengan pelayanan digital, pengantaran dan seluruh sistemnya melalui digital. “Jadi Covid-19 memaksa dia [pengusaha] menggunakan jalur yang lain,” papar dia.