Logo Bloomberg Technoz

Data tersebut menambah tanda-tanda bahwa sentimen investor asing telah melemah tahun ini meskipun negara tersebut telah membuka kembali perbatasannya setelah tiga tahun melakukan tindakan keras untuk mengekang wabah Covid-19. Meskipun beberapa pemimpin bisnis asing telah kembali ke negara itu, hanya sedikit perusahaan yang bergegas untuk membelanjakan lebih banyak uang.

"Latar belakang makro global--suku bunga dolar yang lebih tinggi, momentum pertumbuhan yang melambat, dan ketidakpastian geopolitik yang meningkat--sama sekali tidak kondusif untuk investasi lintas batas, terutama ke pasar negara berkembang," tulis para ekonom Bank of America yang dipimpin oleh Ouyang Miao dalam sebuah laporan sebelum data tersebut dirilis.

Angka-angka yang dirilis pada Kamis menunjukkan gambaran yang lebih cerah dibandingkan data-data lain, yang menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan asing benar-benar menarik uang keluar. Perbedaannya setidaknya disebabkan oleh bagaimana kumpulan data yang berbeda memperhitungkan apa yang dilakukan perusahaan-perusahaan dengan keuntungan yang mereka hasilkan di China.

Data dari regulator valuta asing menunjukkan investasi asing pada kuartal ketiga berubah negatif untuk pertama kalinya sejak 1998, kemungkinan mencerminkan berkurangnya keinginan perusahaan-perusahaan untuk menginvestasikan kembali keuntungan mereka di China, sebagian karena adanya imbal hasil yang lebih tinggi di luar negeri karena kesenjangan imbal hasil dengan AS.

Data tersebut menunjukkan bahwa investasi bersih ke China telah turun sejak kuartal ketiga tahun lalu karena turunnya jumlah uang yang masuk ke negara ini dan meningkatnya jumlah dana yang keluar.

Ada beberapa tanda-tanda kecil bahwa minat asing terhadap pasar China mulai pulih. Dana-dana global meningkatkan kepemilikan obligasi berdenominasi yuan paling banyak dalam empat bulan di Oktober karena mata uang yang stabil membantu sentimen.

(bbn)

No more pages