Logo Bloomberg Technoz

Kredit Perbankan Tumbuh 9,74% November 2023, Sesuai Target BI

Azura Yumna Ramadani Purnama
21 December 2023 15:48

Ilustrasi Kartu Kredit. (Source Bloomberg)
Ilustrasi Kartu Kredit. (Source Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kinerja kredit perbankan sampai November 2023 tercatat tumbuh 9,74% (year-on-year/yoy), lebih tinggi dibanding pertumbuhan kredit pada bulan sebelumnya, yaitu 8,99% (YoY). Angka ini juga sesuai target Bank Indonesia (BI) yang tercatat di kisaran 9%-11%.

Gubernur BI Perry Warjiyo menyebutkan, peningkatan pembiayaan didorong oleh permintaan kredit yang naik, sejalan dengan terjaganya kinerja korporasi dan rumah tangga. Secara sektoral, pertumbuhan kredit terutama ditopang oleh sektor perdagangan, industri, dan jasa dunia usaha. 

"Pertumbuhan kredit UMKM (usaha menengah, kecil, dan mikro) mencapai 8,46% (YoY). Pertumbuhan kredit UMKM terutama didukung oleh sektor perdagangan, pertanian, dan jasa sosial," ujar Perry dalam Konferensi Pers Rapat Dewan Gubernur BI, Kamis (21/12/2023).

Sementara itu, pembiayaan syariah pada November 2023 juga tumbuh sebesar 14,12% (YoY). Ke depan, BI akan terus mendorong penyaluran kredit/pembiayaan perbankan dan memperkuat sinergi dengan pemerintah, otoritas keuangan, kementerian/lembaga, perbankan, dan pelaku usaha.

Perry mengklaim peningkatan intermediasi perbankan terus berlanjut. Pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) tercatat sebesar 3,04% (YoY) pada November 2023, lebih rendah dari kinerja DPK bulan sebelumnya yang sebesar 3,43%.