Logo Bloomberg Technoz

Kata Masyarakat Soal Vaksin Covid-19 yang Akan Berbayar

Dinda Decembria
19 December 2023 17:40

Ilustrasi Vaksin Moderna. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Vaksin Moderna. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Mulai tahun depan vaksin booster akan dikenaikan biaya. Lalu apa kata masyarakat terkait rencana itu?

“Ya kalau bayar bisa dipertimbangkan sih kalau kita masyarakat mendang mending gratisan ya berangkat, kalau bayar nggak deh. Tapi liat saja nanti perkembangan covid gimana kalau gede yaudah nanti kita pertimbangkan lagi lah buat vaksin atau nggak,” kata Heri pedagang mi ayam saat ditemui di daerah Asemka, Jakarta Barat, Selasa (19/12/2023).

Hari mengatakan saat ini dirinya sudah tiga kali mendapatkan vaksin. Dia merasa tidak perlu booster lagi. 

“Pribadi sendiri saya cukup udah tiga kali mah cukup lah. Bukan sombong, tahun kmrn kan nggak kena covid. Dari standar kebersihan saya juga udah sewajarnya kebersihan jadi kayak sekarang udah ilang covid menurut saya, jadi vaksin ga perlu lagi, masker juga udah ga banyak yang pakai nggak perlu disarankan lagi kan. Covid sebenernya kayak sakit pilek biasa sebenernya. Cuman karena tuntutan suruh karantina bedain yang kena flu biasa aja,” ujar Hari.

Sedangkan Emot seorang pekerja lepas juga mengaku tidak ingin vaksin lagi. Menurutnya Covid-19 sudah tidak ada lagi. Dirinya juga tidak mau jika harus membayar untuk vaksin nantinya.