Logo Bloomberg Technoz

Jasa Marga Pastikan tak Ada Diskon Tarif Tol Selama Nataru

Dovana Hasiana
14 December 2023 17:00

Suasana lalu lintas Jalan Tol Layang MBZ KM 39, Jalan Tol Jakarta - Cikampek, Jawa Barat, Kamis (20/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Suasana lalu lintas Jalan Tol Layang MBZ KM 39, Jalan Tol Jakarta - Cikampek, Jawa Barat, Kamis (20/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Jasa Marga (Persero) Tbk hingga saat ini belum mengusulkan diskon tarif tol pada periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024 kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). 

Alasannya, prediksi mobilisasi pada saat Nataru 2023/2024 masih berada di bawah mobilisasi saat periode Lebaran. Sehingga Jasa Marga belum memiliki rencana untuk mengusulkan tarif tol. 

“Di Nataru ada peningkatan tapi di bawah jumlah mobilisasi lebaran prediksinya. Jadi melihat kondisi tersebut, Jasa Marga belum ada rencana untuk mengusulkan, karena kami sebagai operator jalan tol itu mengusulkan tarif ke pihak terkait karena nanti perlu diputuskan juga oleh Kementerian PUPR, BPJT apabila ada diskon tarif,” ujar Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga Tbk (JSMR), Lisye Octaviana dalam Konferensi Pers Nataru 2023/2024 di Kantor Pusat Jasa Marga, Jakarta Timur, Kamis (14/12/2023). 

Menurut Lisye, diskon tarif tol pada saat Lebaran digunakan untuk mendistribusikan pergerakan masyarakat agar tidak menumpuk hanya pada periode tertentu. Selain itu, diskon juga diberikan apabila segala strategi rekayasa lalu lintas diprediksi tidak cukup untuk mendistribusikan pergerakan masyarakat. 

Dengan demikian, diskon tarif tol saat Nataru tidak akan diusulkan karena jumlah mobilisasi lebih kecil dibandingkan periode Lebaran dan karena strategi lalu lintas yang ada dinilai cukup untuk mencegah terjadinya penumpukan.