Logo Bloomberg Technoz

Cerita Kesuksesan Hermes di Eropa Setelah Tolak Tawaran LVMH

News
11 December 2023 17:50

Hermes (Sumber: Bloomberg)
Hermes (Sumber: Bloomberg)

Tara Patel and Angelina Rascouet - Bloomberg News

Bloomberg, Pemilik LVMH, Bernard Arnault pernah mengungkapkan keinginannya untuk mengakuisisi Hermes pada Oktober 2010. Namun, ajakan kerja sama itu ditolak oleh pemilik Hermes karena tahu Arnault, yang mendapat julukan "serigala berbalut kasmir", seringkali melakukan pengambilalihan merek-merek bersejarah dengan tujuan untuk menaklukkan.

Menurut Patrick Thomas, yang saat itu menjabat sebagai chairman eksekutif Hermes, menyerahkan kerajaan mereka kepada pesaing sudah cukup buruk, tetapi kehilangan merek kepada apa yang mereka lihat sebagai kelompok yang mencolok dan didorong oleh pemasaran adalah "membangkitkan kejijikan.”

Meskipun menghadapi tantangan yang sulit, para pewaris berhasil menolak tawaran Arnault, memberikan kekalahan yang memalukan bagi salah satu pengusaha paling agresif di Prancis dan mencegah Hermes menjadi hanya label lain di antara sekitar 75 merek LVMH yang mencakup Louis Vuitton dan Christian Dior.

Hermes (Sumber: Bloomberg)

Sejak Oktober pada 13 tahun lalu itu, saham Hermes International SCA telah naik lebih dari 1.000%, melampaui kenaikan 600% di LVMH. Nilai pasar Hermes telah melonjak menjadi lebih dari €200 miliar (US$216 miliar), sekitar 60% dari LVMH — dengan pendapatan sekitar satu per tujuh dari LVMH. Dulu rentan terhadap pemangsa karena anggota keluarga yang puas terlibat dalam usaha lain, kesuksesan Hermes telah memberikan kelompok ini pertahanan terbaiknya.