Logo Bloomberg Technoz

China Berjuang Keras Hindari Gelombang Gagal Bayar Properti

News
14 December 2023 11:50

Ilustrasi sektor properti China (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi sektor properti China (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News 

Bloomberg, Seorang pejabat tinggi perumahan di China berjanji untuk menghindari serangkaian default atau gagal bayar oleh para pengembang properti. Ini merupakan salah satu komitmen terkuat untuk meredam krisis likuiditas properti yang semakin memburuk. 

China akan "dengan tegas mencegah para pengembang gagal membayar utang secara bersamaan," kata Dong Jianguo, Wakil Menteri Perumahan dan Pengembangan Perkotaan-Pedesaan, dalam sebuah konferensi pada hari Rabu, seperti yang dilaporkan oleh lembaga penyiaran pemerintah, China Central Television.

Dong adalah salah satu pejabat yang berbicara di acara tersebut, yang diselenggarakan oleh lembaga think tank pemerintah China Center for International Economics Exchanges tak lama setelah konferensi kerja ekonomi tahunan Partai Komunis yang berkuasa.

Regulator akan memenuhi kebutuhan pendanaan yang wajar bagi para pengembang dan membantu mereka mengatasi masalah kas jangka pendek, kata wakil menteri tersebut. Puluhan pengembang telah melewatkan pembayaran utang sejak tindakan keras terhadap kelebihan leverage di industri ini berubah menjadi perlambatan di sektor perumahan yang parah.