Logo Bloomberg Technoz

Eskalasi retorika ini tidak lazim karena pihak berwenang China sebagian besar menghindari memberikan komentar langsung mengenai gagal bayar para pengembang dalam pernyataan resmi.

China telah melakukan penyesuaian, menggunakan bahasa yang halus untuk mengirimkan sinyal-sinyal kebijakan. Pada Juli, slogan resmi Presiden Xi Jinping untuk mengendalikan spekulasi properti dihilangkan dari pernyataan oleh badan pengambil keputusan tertinggi Partai Komunis. Hal ini menggarisbawahi pergeseran yang lebih dalam untuk mendukung pasar properti.

Sejak saat itu, China menerapkan langkah-langkah baru untuk memperkuat perusahaan-perusahaan pengembang, menambah sejumlah langkah selama setahun terakhir yang sebagian besar ditujukan untuk meningkatkan permintaan akan rumah. Langkah-langkah tersebut sebagian besar gagal, dengan penjualan rumah merosot dalam 18 dari 22 bulan terakhir. Pembeli tetap menunggu, terpengaruh oleh penundaan konstruksi, penurunan harga, dan gagal bayar perusahaan.

Wakil menteri perumahan juga membedakan antara pengembang yang sehat secara finansial dan yang bangkrut dalam kelayakan untuk menerima dukungan pemerintah. Pengembang yang melanggar peraturan dan kehilangan kemampuan operasional harus dilikuidasi berdasarkan hukum.

(bbn)

No more pages