Logo Bloomberg Technoz

Pasar Prediksi Bunga The Fed Dipangkas Jadi 4% Tahun Depan

Ruisa Khoiriyah
14 December 2023 10:30

Jerome Powell, Ketua Bank Sentral AS (Sumber: Bloomberg)
Jerome Powell, Ketua Bank Sentral AS (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pasar memperkirakan suku bunga acuan Federal Reserve (The Fed) akan dipangkas sebesar 150 basis poin (bps) menjadi 4,5% tahun depan di mana prediksi siklus penurunan bunga acuan akan dimulai pada Maret 2024.

Prediksi itu lebih agresif dibandingkan sinyal yang keluar dari hasil rapat The Fed, Federal Open Meeting Committte (FOMC), yang menghasilkan 'dot plot' prediksi penurunan bunga acuan sebanyak 75 bps tahun depan. 

Mengacu pada pergerakan di pasar swap sampai pagi ini, Kamis (14/12/2023), para pedagang di pasar terlihat jauh lebih agresif memperkirakan frekuensi pemangkasan bunga acuan. Spekulasi penurunan bunga semakin memuncak tersulut euforia semalam.

Bila dot plot The Fed memperkirakan pemangkasan bunga acuan sebanyak 75 bps yang terbagi dalam tiga tahap, pedagang di pasar swap memprediksi akan ada lima kali pemangkasan FFR. Pada FOMC Januari tahun depan, The Fed diprediksi akan menahan di 5,5% sekali lagi, probabilitasnya mencapai 79,3%.

Grafik dot plot The Fed. (Sumber: Bloomberg)

Lalu pada rapat Maret 2024 nanti, The Fed diprediksi akan memulai serial penurunan bunga acuan sebesar 25 bps menjadi 5,25% dengan probabilitas 69,4%. Berlanjut pada FOMC Mei, di mana FFR diprediksi akan kembali dipangkas menjadi 5% dengan probabilitas 68,4%.