Logo Bloomberg Technoz

Regulator Inggris Selidiki Upaya 'Greenwashing' Unilever

News
13 December 2023 06:10

Ilustrasi Unilever. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi Unilever. (Dok: Bloomberg)

Deirdre Hipwell dan Dasha Afanasieva—Bloomberg News

Bloomberg, Regulator antimonopoli Inggris sedang menyelidiki klaim ramah lingkungan atau “green” yang dibuat oleh anak perusahaan Unilever Plc di Inggris, dengan mengatakan bahwa mereka ingin memastikan bahwa konsumen tidak disesatkan oleh perusahaan yang telah menggembar-gemborkan tanggung jawab sosial sebagai nilai jual produknya, mulai dari sampo hingga es krim.

Pembuat sabun Dove dan pembersih Cif mungkin telah melebih-lebihkan kualitas lingkungan dari produk-produk tertentu dengan klaim yang “samar dan meluas”, pernyataan-pernyataan yang tidak jelas, serta gambar-gambar dan logo-logo yang terlihat alami, demikian ungkap Otoritas Persaingan Usaha dan Pasar atau Competition and Markets Authority (CMA) pada hari Selasa. 

Para produsen barang-barang consumer goods sudah menggunakan marketing berlabel ‘eco-friendly’ untuk membuat produk mereka lebih menonjol karena para pembeli kini berfokus  dan beralih ke merek-merek supermarket terkait green.

Namun sebuah tindakan keras di Inggris dan Uni Eropa, yang dirancang untuk mencegah klaim-klaim tidak berdasar dan melindungi konsumen, telah membuat Unilever dan perusahaan-perusahaan sejenisnya diawasi ketat.