Logo Bloomberg Technoz

Narasi RI Bisa Bubar versi Capres Prabowo hingga Anies

Pramesti Regita Cindy
12 December 2023 11:05

Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan usai santap siang bersama Jokowi di Istana Merdeka, Senin (30/10/2023). (BPMI Setpres)
Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan usai santap siang bersama Jokowi di Istana Merdeka, Senin (30/10/2023). (BPMI Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Narasi Indonesia bisa bubar atau paling tidak berpotensi bubar disampaikan oleh calon presiden (capres) yang maju di pemilu dari waktu ke waktu. Soal ketimpangan ekonomi yang bisa menyebabkan negara pecah diungkapan capres nomor urut 01 Anies Baswedan dalam beberapa kesempatan termasuk pada saat kampanye.

Namun soal narasi Indonesia bisa bubar pernah digaungkan Prabowo Subianto ketika berkontestasi pada Pemilu 2019 melawan Jokowi, capres petahana pada saat itu.

Ucapan Prabowo yang mengutip novel berjudul Ghost Fleet menyebut bahwa Indonesia bubar pada 2030.

Diketahui buku tersebut memang ditulis oleh dua ahli strategi Amerika Serikat yang secara garis besar menggambarkan perang antara Amerika Serikat melawan China tahun 2030. Namun demikian dengan genre fiksi maka buku tersebut bukanlah hasil riset penelitian dan secara ilmiah bisa digunakan sebagai dasar. Hal ini sempat membuat publik heboh dan menilai Prabowo tak seharusnya mengutip karya yang berjenis fiksi.

Memang disebutkan, novel itu sempat menjadi perhatian para petinggi militer di AS. Penulisnya adalah Peter Warren Singer dan August Cole. Sementara judul asli bukunya adalah Ghost Fleet: a Novel of The Next World War yang terbit pertama kali pada 2015.