Logo Bloomberg Technoz

"Aksi beli untuk menutup posisi short pada saham-saham kripto yang paling banyak mengalami short seperti Coinbase Global, MicroStrategy, Marathon Digital Holdings, dan Riot Platforms akan membantu mendorong harga saham lebih tinggi seiring dengan aksi beli yang telah menaikkan harga saham sejak akhir Oktober," ujar Ihor Dusaniwsky, managing director dan analisis prediktif di S3, dalam sebuah laporan pada 5 Desember.

Coinbase telah memberikan kontribusi paling besar bagi para short seller. Mereka bertaruh melawan sektor ini tahun ini. Reli 290% perusahaan telah menyebabkan kerugian sekitar US$3,5 miliar, lebih dari setengah dari total kerugian sejauh ini pada tahun 2023. MicroStrategy, yang naik lebih dari 300% tahun ini, telah menambahkan US$ 1,4 miliar untuk kerugian short crypto tahun ini. 

Pencapaian kerugian saham-saham yang terkait kripto di bursa saham tradisional. (Dok: Bloomberg/S3 Partners LLC)

Tentu saja bahkan ketika kerugian meningkat bagi para short seller, beberapa orang terus menaruh lebih banyak uang ke dalam perdagangan lawan, bertaruh bahwa reli akan segera kehabisan tenaga. Sejak pertengahan September, ketika Bitcoin bangkit kembali dari serangkaian kerugian, ada hampir US$700 juta short selling baru, menurut S3.

Namun, hal ini kemungkinan akan berbalik jika Bitcoin terus bergerak lebih tinggi dan mengangkat saham-saham kripto, menambah sekitar US$2,2 miliar aksi jual yang terlihat di sektor ini sepanjang tahun ini.

Ilustrasi Bitcoin (Paul Yeung/Bloomberg)

"Investor yang mencari eksposur kripto sekarang dapat memilih antara mata uang kripto yang sebenarnya atau saham kripto," kata Dusaniwsky. "Jika momentum baru-baru ini berlanjut, keduanya terlihat mengungguli pasar."

(bbn)

No more pages