Logo Bloomberg Technoz

Wamen BUMN: Restrukturisasi Jiwasraya Rampung Akhir Tahun

Mis Fransiska Dewi
05 December 2023 13:40

Dok. Jiwasraya
Dok. Jiwasraya

Bloomberg Technoz, Jakarta - Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo mengungkapkan restrukturisasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) atau Jiwasraya akan rampung akhir tahun 2023.

“Proses restrukturisasi Jiwasraya selesai akhir tahun ini. Insya Allah, kami akan umumkan di akhir tahun (2023) tuntas semua proses restrukturisasi Jiwasraya,” kata Tiko sapaan akrabnya dalam rapat bersama Komisi VI DPR, dikutip Selasa (5/12/2023).

Tiko juga sebelumnya pernah menyebut proses pemindahan polis Jiwasraya ke Indonesia Financial Group (IFG) membutuhkan suntikan dana melalui penyertaan modal negara (PMN) senilai Rp3 triliun. PMN akan cair tahun ini juga.

Dia menyatakan PMN Rp3 triliun untuk IFG merupakan suntikan terakhir dari negara dan sudah berjalan. Tiko menyebutkan, IFG akan menerima PMN Rp3,56 triliun pada tahun anggaran 2024 yang berasal dari hasil lelang aset rampasan Jiwasraya.

“Rp3,56 triliun itu sebenarnya bukan PMN yang benar, ini sebenarnya sita rampasan Kejaksaan, uangnya sudah masuk untuk mengeluarkan lagi [melalui mekanisme] PMN. Jadi ini PMN sita rampasan,” tutur Tiko.