Logo Bloomberg Technoz

Kota New York mungkin akan mengalami tiga kali banjir dalam satu abad setiap tahunnya, sementara 52 kali lebih banyak orang akan menghadapi suhu panas yang berbahaya di kota-kota di Afrika. Jumlah lahan yang rusak akibat kebakaran hutan di seluruh dunia akan meningkat dua kali lipat dan hutan hujan Amazon akan berubah menjadi padang rumput.

Dalam pakta Paris, hampir 200 negara sepakat untuk membatasi suhu global di bawah 2 derajat, idealnya di bawah 1,5 derajat Celsius, untuk menghindari dampak terburuk dari perubahan iklim. Namun, laporan terbaru dari program lingkungan PBB menunjukkan bahwa dunia saat ini berada di jalur yang tepat untuk mencapai 2,9 derajat celcius dengan rencana pengurangan emisi di tingkat negara saat ini.

Para ilmuwan iklim secara konsisten menekankan bahwa tidak ada tingkat pemanasan global yang aman, dan menunjukkan bagaimana dampak berbahaya telah terjadi di setiap sudut dunia saat ini ketika suhu rata-rata global telah meningkat 1,2 derajat celcius dari era pra-industri. Tahun ini saja, yang merupakan tahun terpanas dalam sejarah, serangkaian kebakaran hutan yang masif, banjir, dan panas yang ekstrem telah merenggut banyak nyawa.

Warga dengan perahu melintasi banjir usai Badai Daniel di Farkadona, Trikala, Yunani, Kamis (7/9/2023). (Konstantinos Tsakalidis/Bloomberg)

Gates menyebutkan fusi dan fisi nuklir serta baja hijau sebagai salah satu solusi. Salah satu pendiri Microsoft Corp ini, yang berinvestasi di banyak perusahaan teknologi bersih melalui Breakthrough Energy Ventures, mengatakan bahwa pertemuan-pertemuan di sela-sela COP28 sangat penting bagi perusahaan-perusahaan rintisan untuk mendapatkan eksposur kepada para pemain besar di industri yang perlu melakukan dekarbonisasi, seperti semen.

KTT tahun ini, yang diselenggarakan oleh Uni Emirat Arab yang kaya akan minyak, telah menghadapi kontroversi karena dukungannya terhadap industri bahan bakar fosil. Sultan Al Jaber berpendapat bahwa mereka perlu dilibatkan dalam pembicaraan. Mereka yang menginginkan perpindahan yang lebih cepat dari energi kotor mengatakan bahwa industri ini melakukan terlalu sedikit untuk beralih ke energi alternatif.

"Kita harus mengalahkan bahan bakar fosil," kata Gates. "Untuk melakukannya dengan benar, mereka seharusnya tidak mendapatkan subsidi dan pada kenyataannya pajak karbon dari waktu ke waktu harus diberlakukan."

(bbn)

No more pages