Logo Bloomberg Technoz

Bill Gates Sebut Target Suhu Bumi di Bawah 2 Derajat Tak Tercapai

News
04 December 2023 13:50

Bill Gates (Dok Bloomberg)
Bill Gates (Dok Bloomberg)

Sharon Chen and Francine Lacqua - Bloomberg News

Bloomberg, Bill Gates mengatakan bahwa dunia mungkin tidak akan mencapai target Perjanjian Paris untuk menjaga kenaikan suhu di bawah 2 derajat celcius. Namun, ia memuji COP28 karena telah membuat kemajuan dalam mengatasi perubahan iklim meskipun ada ketegangan geopolitik.

"Kemajuan iklim terus berjalan, meskipun kita tidak akan mencapai aspirasi tertinggi kita," ujarnya dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg TV pada pertemuan tahunan PBB di Dubai, sembari menambahkan bahwa jumlah peserta yang hadir merupakan terbesar yang pernah ada serta adanya inisiatif-inisiatif baru di bidang pangan dan kesehatan.

Menjaga suhu bumi tetap di bawah 2 derajat celcius "tidak mungkin terjadi," katanya. "Untungnya, jika Anda tetap berada di bawah 3 derajat celcius, banyak dampak buruk yang telah didengar orang tidak akan terjadi kecuali jika Anda benar-benar tidak bertanggung jawab dan membiarkannya naik ke kisaran yang lebih tinggi."

Cuaca panas ekstrem terjadi di Spanyol dan Portugal (Paul Hanna/Bloomberg)

Hasil penelitian tahun 2018 di Lancet Planetary Health mengungkapkan, sebuah planet yang menghangat sebesar 3 derajat celcius dari tingkat pra-industri secara teratur dapat mengekspos hingga 50 juta orang pada suhu yang berada di luar kemampuan manusia untuk bertahan hidup.