Logo Bloomberg Technoz

Campur Tangan Bill Gates dalam Terbentuknya Wolbachia

Septiana Ledysia
16 November 2023 13:20

Ilustrasi nyamuk. (Photo By triwidana via Envato)
Ilustrasi nyamuk. (Photo By triwidana via Envato)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Wolbachia merupakan sebuah bakteri yang dimasukkan ke dalam genetik nyamuk. Dalam pengembangannya ada campur tangan dari Bill Gates sebagai pemilik Gates Foundation.

Dari informasi yang dihimpun dari situs worldmosquitoprogram.org, Wolbachia dikembangkan oleh World Mosquito Program (WMP), perusahaan nirlaba yang dimiliki oleh Monash University. WMP sendiri mendapat dukungan dari mitra dermawan seperti Gates Foundation.

Melalui yayasannya tersebut, Bill Gates memberikan $US50 juta untuk WMP selama tiga tahun. Sehingga total kontribusi yang diberikan Bill dan Melinda kepada WMP sejak 2010 mencapai US$185 juta.

Pada tahun 2022 uji coba Wolbachia telah dilakukan uji coba di Universitas Gajah Mada (UGM). Hasilnya penurunan kasus DBD di daerah tersebut mencapai 77% dan penurunan presentase pasien yang dirawat di rumah mencapai 86%.

Bill Gates (Michael Nagle/Bloomberg)

Dari hasil penelitian diketahui bakteri Wolbachia dapat melumpuhkan virus dengue yang ada pada nyamuk aedes aegypti sehingga tidak akan menular ke manusia.