Logo Bloomberg Technoz

BI dan Bank Sentral UEA Perluas Kerja Sama Sistem Keuangan Islam

Mis Fransiska Dewi
02 December 2023 20:50

Bank Indonesia. (Rosa Panggabean/Bloomberg)
Bank Indonesia. (Rosa Panggabean/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank Indonesia (BI) dan Bank Sentral Uni Emirat Arab (Central Bank of the United Arab Emirates/CBUAE) menyepakati  memperluas kerja sama antara kedua bank sentral, termasuk pada bidang sistem pembayaran dan inovasi keuangan digital.

Perluasan kerja sama tersebut dituangkan dalam Nota kesepahaman yang ditandatangani oleh Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, dan Gubernur CBUAE, Khaled Mohamed Balama pada 29 November 2023. 

Gubernur BI Perry Warjiyo menekankan bahwa nota kesepahaman dengan CBUAE menjadi tonggak penting dalam mempererat hubungan BI dan CBUAE serta Indonesia dan Uni Emirat Arab. Perluasan kerja sama menegaskan kemitraan kedua bank sentral yang semakin solid. 

“Nota kesepahaman ini membuktikan kontribusi kedua bank sentral dalam memerangi kegiatan pencucian uang dan pendanaan terorisme, serta memenuhi rekomendasi Financial Action Task Force (FATF),” kata Perry dalam keterangan resmi, Sabtu (2/12/2023).

Perry menyatakan, hubungan baik kedua bank sentral akan memberikan manfaat yang signifikan bagi perekonomian kedua negara.