Logo Bloomberg Technoz

Jam Rolex Marlon Brando Seharga Rp77 M Jadi Rebutan

News
02 December 2023 20:00

Rolex GMT-Master yang pernah dimiliki aktor Marlon Brando. (Dok: Andy Hoffman/Bloomberg)
Rolex GMT-Master yang pernah dimiliki aktor Marlon Brando. (Dok: Andy Hoffman/Bloomberg)

Andy Hoffman—Bloomberg News

Bloomberg, Sebuah arloji Rolex GMT-Master termasuk di antara sekitar 100 arloji yang dibekukan berdasarkan perintah pengadilan dalam sengketa hukum antara seorang kolektor dan rumah lelang Christie's.  GMT-Master pernah terjual dengan harga lebih US$5 juta (sekitar Rp77,5 miliar) dan pernah dimiliki oleh Marlon Brando.

Mohammed Zaman, seorang pengusaha dan kolektor jam tangan asal Oman, mengajukan gugatan perdata di Jenewa, Swiss, setelah Christie's melelang 113 jam tangan dari koleksi pribadinya pada 6 November lalu dengan nilai total US$42.418.914 (sekitar Rp657 miliar).

Pengadilan Jenewa mengeluarkan perintah agar jam tangan-jam tangan tersebut tetap berada di bawah pengawasan rumah lelang sambil menunggu penyelesaian kasus, kata Christie's. Diantaranya adalah jam tangan yang dikenakan Brando dalam film Apocalypse Now, yang dibedakan dari bezelnya yang hilang dan nama aktor yang terukir di bagian belakang bodi jam.

Christie's telah mengatakan kepada para penawar yang menang untuk menahan pembayaran atas jam tangan yang dimenangkan dalam lelang pada 6 November hingga masalah selesai.