Logo Bloomberg Technoz

Kenali Pencegahan Pneumonia Anak, Wabah Baru dari China

Mis Fransiska Dewi
02 December 2023 10:30

Anak-anak yang terkena pneumonia di rumah sakit China (Sumber: Bloomberg)
Anak-anak yang terkena pneumonia di rumah sakit China (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyatakan penyakit pneumonia akibat mycoplasma pneumoniae yang belakangan kerap menyerang anak-anak sebenarnya bisa dicegah, meski pelacakan penyebabnya masih belum bisa dideteksi secara akurat.

Ketua Unit Kerja Koordinasi Respirologi IDAI Triasih menjelaskan bakteri pneumonia tersebut biasanya menyerang anak usia sekolah atau di atas 5 tahun. Gejalanya sama seperti gejala pneumonia pada umumnya, dan biasanya lebih ringan.

Pneumonia merupakan radang pada paru-paru yang merupakan penyakit yang sering dijumpai pada anak. Selain itu juga penyebab kematian yang sering terjadi pada anak balita di seluruh dunia termasuk di Indonesia.

“Pada anak dengan daya tahan yang menurun dapat menyebabkan kondisi yang berat. Waktu yang diperlukan untuk timbulnya gejala sejak kuman masuk ke dalam tubuh cukup panjang, tidak secepat virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan Covid-19,” kata Rina, Sabtu (2/12/2023).

Dia menambahkan, pneumonia dapat dicegah dan dapat diobati dengan perilaku hidup bersih sehat, termasuk kebiasaan mencuci tangan dan pemakaian masker, pemberian ASI eksklusif, vitamin A dosis tinggi, nutrisi dengan gizi seimbang, dan vaksinasi lengkap merupakan beberapa upaya untuk mencegah terjadinya pneumonia pada bayi dan anak.