Logo Bloomberg Technoz

2. Resmi Turun, Cek Daftar Harga BBM Terbaru di Seluruh SPBU RI

Suasana pengisian BBM di SPBU Pertamina, Jakarta, Rabu (1/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

PT Pertamina (Persero) kembali menyesuaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis nonsubsidi per 1 Desember. Penurunan harga ini menjadi penurunan kedua kalinya, setelah pada bulan November Pertamina juga telah menurunkan seluruh jenis harga BBM nonsubsidinya. Berdasarkan laman pengumanan resmi Pertamina, harga BBM nonsubsidi jenis Pertamax mengalami penurunan Rp50/liter menjadi Rp13.350 dari sebelumnya di Rp13.400.

Untuk Pertamax Turbo mengalami penurunan Rp150/liter menjadi Rp15.350 dari harga bulan sebelumnya atau November di Rp15.500. Begitu juga dengan Pertamax Green 95 yang turun Rp100/liter menjadi Rp14.900 dari sebelumnya berada di Rp15.000.  Sementara itu, untuk Dex Series, yakni Dexlite juga menjadi Rp15.500/liter atau turun Rp1.400 dari harga bulan sebelumnya yang berada di Rp16.950. Untuk jenis Pertamina Dex juga menjadi Rp16.200/liter atau turun Rp1.650 dari harga sebelumnya di Rp17.750.

Penyalur BBM Non Subsidi non Pertamina juga melakukan penyesuaian harga seperti Shell, BP,  ataupun Vivo.

Selanjutnya baca  di sini.

Perbandingkan harga seluruh SPBBU bisa dicek  di sini.

3. Beda Anies dan Ganjar soal Kesiapan di Debat Capres

Ilustrasi Capres Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)

Debat capres dan cawapres untuk Pemilu 2024 akan diadakan sebanyak lima kali. Belakangan, KPU sudah merilis tanggal dan tema-temanya juga. Para capres-cawapres juga menyatakan mempersiapkan diri untuk adu ide dan program di debat publik tersebut. Antara Capres Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan ada perbedaan respons. Apabila Ganjar mengatakan sedang mempersiapkan diri, Anies mengaku sudah persiapan debat sejak lama, bahkan bertahun-tahun lalu.

Ganjar juga mengaku sudah memiliki kesiapan dalam menghadapi debat, di mana dirinya menyatakan siap memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang visi dan misinya bersama cawapresnya Mahfud MD. Sedangkan bagi capres nomor urut 1, Anies Baswedan, debat juga bukan hal yang akan menjadi momok. Dia mengaku telah mempersiapkan dirinya bahkan bertahun-tahun. “Persiapannya sudah bertahun-tahun yang lalu,” kata Anies di Jakarta Selatan, Rabu (29/11/2023).

Selanjutnya baca di sini.

4. Saham ARTO dan GOTO Milik Jerry Ng & Patrick Walujo Cetak Kinerja Terbaik

CEO GOTO Patrick Walujo. (Dok. GOTO)

Saham-saham LQ45 makin yang terafiliasi dengan Jerry Ng dan Patrick Sugito Walujo, PT Bank Jago Tbk (ARTO) dan juga PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (ARTO) tercatat sebagai saham dengan kinerja terbaik dalam sebulan. Jerry Ng dengan rekan menjadi pengendali Bank Jago (ARTO) lewat Metamorfosis Ekosistem Indonesia (MEI) dengan kepemilikannya kini sebesar 29,81%. Koleganya, Patrick Walujo masuk melalui Wealth Track Technology Ltd. (11,69%). Sementara Patrick juga tercatat menjadi salah satu pemegang saham di GOTO, sebanyak 211 juta saham, atau 0,02%. Serta, Patrick baru-baru ini ditunjuk sebagai CEO baru menggantikan Andre Soelistyo.

10 saham indeks LQ45 tercatat mengalami penguatan bisa Anda baca di sini.

5. Perbandingan Antrean Haji RI hingga 48 Tahun dengan Negara Lain

Ilustrasi Biaya Haji (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)

Kuota haji Indonesia yang disediakan pemerintah Arab Saudi pada 2024 sebanyak 241.000 orang usai penambahan sebanyak 20.000 orang dibandingkan tahun kemarin. Biaya haji diketok pemerintah bersama DPR sebesar Rp93,4 juta. Sementara itu, jumlah antrean haji hingga tahun ini berada di angka 5,3 juta orang. Angka tersebut  diungkap Ketua Komisi VIII DPR, Ashabul Kahfi saat Rapat Bersama Kemenag, BPIH, dan BPKH, Senin (27/11/2023).

Dengan kuota haji berkisar 241.000 per tahun, maka asumsi rata-rata masa tunggu haji secara nasional berada di angka 26 tahun. Namun demikian, masa tunggu haji di tiap daerah berbeda antara satu wilayah dan lainnya bergantung kuota yang telah ditetapkan pemerintah.  Asumsi rata-rata masa tunggu haji secara nasional berada di angka 26 tahun. Sedangkan  masa tunggu Ibadah Haji di Singapura mencapai 34 tahun. 

Selanjutnya baca di sini.

6. Ada Risiko 'Hard Landing', The Fed akan Pangkas Bunga Maret 2024

Penurunan inflasi inti AS terbilang lambat, membuat The Fed waspada lanjutkan pengetatan (Bloomberg)

Bank sentral paling berpengaruh di dunia, Federal Reserve (The Fed), diprediksi akan memangkas bunga acuan paling cepat pada Maret 2024. Ini menurut perkiraan tim ekonom Bloomberg. Data inflasi Personal Consumption Expenditure (PCE) yang dirilis semalam, mencatat inflasi PCE sebesar 3% year-on-year dan 0% month-to-month, keduanya di bawah prediksi pasar. Sementera inflasi inti PCE pada Oktober tercatat sesuai konsensus pasar.

Data tersebut semakin memperlihatkan laju penurunan inflasi Amerika Serikat (AS) sudah berada di jalur yang tepat dan memperkuat perkiraan pasar bahwa langkah berikut dari The Fed adalah tahan dan memulai penurunan bunga tahun depan. Dalam ulasan terbaru tim ekonom Bloomberg Economics untuk Amerika, kondisi perekonomian AS memperlihatkan tanda-tanda resesi yang telah dimulai sejak Oktober lalu.

Selanjutnya baca di sini.

7. Daftar Kepala Daerah yang Dipaksa Lengser Bulan Ini

Bagan partisipasi politik di pemilu dan pilkada (KPU)

Tujuh kepala daerah mengajukan gugatan uji mater terhadap Pasal 201 ayat (5) Undang-undang nomor 10 tahun 2016 tentang Pilkada Serentak ke Mahkamah Konstitusi. Dalam beleid tersebut, mereka dipaksa lengser dari jabatannya maksimal 31 Desember 2023, meski masih punya sisa masa jabatan hingga 2024. Mereka adalah bagian dari 171 pasang kepala daerah yang terpilih melalui Pilkada pada 2018. Sebagian besar langsung dilantik pada tahun yang sama sehingga masa jabatan lima tahun selesai pada 2023.

Kuasa hukum mereka, Donal Fariz mengatakan, sebenarnya masih ada 78 kepala daerah lainnya yang juga terdampak Pasal 201 ayat (5) atau harus berhenti sebelum masa jabatan berakhir. Para kepala daerah ini juga mengalami ketidakadilan meski tak ikut menggugat UU Pilkada Serentak.

Selanjutnya baca di sini.

8. Kisi-kisi Pembayaran Dividen Emiten Besar di Tahun Politik 2024

Aktivitas pengangkutan batu bara lewat jalur kereta api PT Bukit Asam Tbk (Dok PTBA.co.id)

Sejumlah emiten besar memberikan sinyal kuat akan menebar dividen tahun depan, yang juga merupakan tahun politik. Ini merupakan dividen tahun buku 2023. Ada emiten rokok PT Gudang Garam Tbk (GGRM) yang tetap mempertahankan rencana aksi korporasi tersebut. Tak ketinggalan, emiten batu bara pelat merah, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) yang berencana melakukan aksi serupa

Info seputar dividen dari emiten kakap bisa Anda baca di sini.

9. Menteri ESDM Isyaratkan MIND ID Pupus Jadi Pengendali Vale (INCO)

Kinerja PT Vale Indonesia Tbk (INCO) sampai kuartal III-2023./dok. INCO

Menteri Energi dan Sumber Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengisyaratkan PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID) tidak akan serta-merta menjadi pemegang saham pengendali PT Vale Indonesia  Tbk (INCO), setelah proses divestasi 14% saham penambang nikel itu dirampungkan.  Arifin mengatakan, meski MIND ID dipastikan memegang porsi mayoritas saham INCO, dia mengisyaratkan kedua perusahaan tersebut tetap bekerja sama untuk memaksimalkan kegiatan penambangan Vale di Indonesia.

Adapun, induk perusahaan INCO, Vale Base Metals Ltd (VBM) sebelumnya memberi sinyal bahwa divestasi 14% saham INCO ke MIND ID tidak akan menggeser posisi Vale Canada Ltd (VCL) sebagai pemegang saham pengendali perusahaan tambang nikel itu. Secara keseluruhan, menurut VBM, kesepakatan tersebut mewakili investasi sebesar US$8,6 miliar (sekitar Rp133,77 triliun) untuk Indonesia. Adapun, transaksi divestasi ke MIND ID diharapkan selesai pada 2024, tergantung pada kondisi penutupan kesepakatan yang lazim..

Selanjutnya baca di sini.

10. Cobre Panama Ditutup, Ini 10 Tambang Tembaga Terbesar di Dunia

Tambang tembaga First Quantum Minerals Ltd di Panama./dok. Bloomberg

Dunia pertambangan dikejutkan oleh keputusan Pemerintah Panama menutup tambang tembaga raksasa milik First Quantum Minerals Ltd. Keputusan tersebut memupus harapan perusahaan asal Kanada tersebut dapat mencapai kesepakatan baru untuk tetap beroperasi. Tembaga sendiri merupakan salah satu komoditas logam yang sangat konduktif dan dibutuhkan dalam pembuatan produk pada sistem elektrifikasi yang juga kerap digunakan sebagai bahan dasar produk pemanas, pendingin, pembangkit listrik, transmisi, aplikasi otomotif dan produk-produk lainnya. Penutupan tambang tembaga raksasa Cobre Panama, yang setidaknya menyumbang 3% pasokan tembaga global itu pun dinilai akan memengaruhi persediaan komoditas tembaga ke depan.

10 tambang tembaga terbesar Anda bisa dibaca di sini.

(wep/wdh)

No more pages