Logo Bloomberg Technoz

Berikut daftar 10 saham LQ45 dengan kinerja tercuan dalam sebulan:

  1. PT Bank Jago Tbk (ARTO), menguat 103,17%
  2. PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), menguat 61,67%
  3. PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK), menguat 29%
  4. PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG), menguat 14,34%
  5. PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA), menguat 13,45%
  6. PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR), menguat 12,36%
  7. PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP), menguat 11,59%
  8. PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS), menguat 10,33%
  9. PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), menguat 10,13%
  10. PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP), menguat 9,97%

Rebalancing Indeks MSCI Jadi Penggerak

Adapun perubahan atau rebalancing indeks MSCI atau MSCI Global Standard Indexes berlaku efektif mulai Kamis (30/11/2023) di November kemarin.

Penggerak laju utamanya berefek dari rebalancing MSCI Small Cap Index. Ada dua saham yang masuk menjadi konstituen MSCI kategori ini.

Keduanya adalah, saham PT Bank Jago Tbk (ARTO) dan saham PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK), keduanya resmi masuk menjadi konstituen indeks yang menjadi acuan para fund manager global tersebut.

Saham ARTO dan saham EMTK menggantikan lima saham lainnya, yaitu PT Bank Neo Commerce Tbk (BBYB), PT Bumi Resources Tbk (BUMI), PT Pembangunan Perumahan Tbk (PTPP), PT Timah Tbk (TINS), dan PT Wijaya Karya Tbk (WIKA).

Diketahui juga saham PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMN) masuk ke konstituen tersebut, menggantikan posisi saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO) yang terdepak dari indeks MSCI.

MSCI Global Standard Index menjadi salah satu acuan investor di dunia dalam berinvestasi baik dalam saham ataupun obligasi. Pengukuran yang berlaku dalam indeks MSCI Indonesia adalah kinerja saham-saham yang memiliki potensi terbaik pada seluruh kategori.

Searah dengan sentimen tersebut, saham ARTO juga tercatat banyak diborong investor asing, dengan nilai mencapai Rp178,13 miliar sepanjang November. Di mana salah satunya adalah Dimensional Fund Advisors LP.

Dalam laporan harian kepemilikan saham Bloomberg, Dimensional Fund Advisors LP. kini mengoleksi total 10,78 juta saham ARTO atau setara dengan 0,08% dari modal ditempatkan dan disetor penuh. Adapun baru-baru ini BlackRock Inc. juga mencatatkan pembelian 526 ribu saham ARTO, yang terjadi pada 30 November.

Pergerakan Saham GOTO sepanjang November (Bloomberg)

Selain sentimen indeks MSCI, saham perbankan yang menjadi bagian dari ekosistem GoTo Group ini juga terkena sentimen atas rencana masuknya TikTok milik ByteDance Ltd. ke Tokopedia.

Seperti yang diwartakan sebelumnya, TikTok milik ByteDance Ltd. tengah mencoba memulai kembali toko online di pasar e-commerce Indonesia. Caranya, dengan berinvestasi di salah satu unit bisnis PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), yaitu Tokopedia.

Pihak terkait kabarnya tengah melakukan pembicaraan terkait hal-hal tersebut. Upaya investasi potensial ke unit ritel online GOTO itu juga kabarnya dapat diselesaikan dalam beberapa minggu ke depan kata beberapa orang yang mengetahui masalah ini, seperti dikutip dari Bloomberg, Kamis (23/11/2023).

Sumber itu juga menyebut, alih-alih investasi secara langsung, kesepakatan tersebut dapat berbentuk joint venture antara kedua perusahaan. Pembicaraan ini juga melibatkan kedua perusahaan untuk bersama-sama membangun sebuah platform e-commerce baru.

(fad/aji)

No more pages