Logo Bloomberg Technoz

KTT Iklim COP28: Indonesia Waspada Target NDC Dinaikkan

Sultan Ibnu Affan
01 December 2023 17:00

COP20UAE (Sumber: Bloomberg)
COP20UAE (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyebut Pemerintah Indonesia tengah mewanti-wanti kemungkinan adanya kesepakatan baru dalam perhelatan dunia mengenai perubahan iklim Conference of ParGes ke-28 (COP28) yang sedang berlangsung di Dubai, Uni Emirat Arab.

Kesepakatan itu salah satunya yakni isu soal target soal Nationally Determined Contributions (NDC) yang dipatok tiga kali lipat lebih besar dari yang sebelumnya diteken pada COP27.

"Memang ada isu baru mengenai target NDC baru yang [kemungkinan] lipat dari yang sebelumnya di COP27," ujar Arifin saat ditemui dikantornya, Jumat (1/12/2023).

Terkait dengan kemungkinan itu, Arifin mengakui pemerintah masih 'ancang-ancang' untuk mempelajari hal itu. Pasalnya, kata dia, sebagai negara berkembang, Indonesia masih belum cukup mampu untuk memenuhi hal tersebut.

"Kita belum sekuat negara-negara yang lebih kuat, kita harus sesuai dengan kemampuan kita sendiri, nanti tentu saja akselerasinya harus juga berkaitan dengan dukungan sama-sama, jadi yang kuat bantu yang kurang kuat, sehingga programnya bisa jalan bareng."