Logo Bloomberg Technoz

Tim Ganjar-Mahfud Pantau Ketat Data Pemilih di KPU Disebut Bocor

Pramesti Regita Cindy
01 December 2023 00:25

Ganjar Pranowo di GBI Mawar Saron (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita Cindy)
Ganjar Pranowo di GBI Mawar Saron (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita Cindy)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Calon Presiden (Capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengatakan bahwa pihaknya juga tengah memantau dugaan kebocoran data pemilih yang terjadi di Komisi Pemilihan Umum (KPU). melalui Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud kata dia akan memastikan sebenarnya apa yang terjadi, apakah benar peretasan atau tidak. 

"Dari TPN juga memantau terus-menerus dan kita pengen tahu apa kemudian kekurangan yang ada di sana," kata Ganjar ketika ditemui di GBI Mawar Saron, Jakarta, Kamis (30/11/2023). 

Ganjar meminta kepada aparat penegak hukum dan KPU segera menyelesaikan permasalahan ini. Publik perlu diberikan kepastian agar tak curiga dan cemas soal data mereka yang bocor. 

"Tim IT kami juga sedang mencoba memantau terus menerus tapi tentu saja APH kita harapkan segera bertindak dan KPU segera memperbaiki, sistemnya tidak boleh rentan karena ini yang nanti membikin publik punya anlisir-analisir negatif," jelasnya. 

Diketahui pada Selasa malam (28/11/2023), data pemilih dari website KPU disebutkan bocor dan dijual ke Breached Forums. Hal itu diinformasikan oleh lembaga keamanan siber CISSSReC. Disebutkan, ada sebanyak 252 juta data pemilih bocor setelah situs Komisi Pemilihan Umum (KPU) kpu.co.id diretas oleh peretas "Jimbo".