Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Minta Anggota KSSK Sering Ketemu Ngopi Bahas Ekonomi

Sultan Ibnu Affan
29 November 2023 21:05

Sambutan Presiden Jokowi pada Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Tahun 2023,Jakarta, 29 Nov 2023. (Tangkapan Layar Youtube Setpres)
Sambutan Presiden Jokowi pada Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Tahun 2023,Jakarta, 29 Nov 2023. (Tangkapan Layar Youtube Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo menegaskan  ada baiknya anggota Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK)  di tengah situasi dunia sedang tidak baik-baik saja. Segala bentuk kebijakan ekonomi dalam negeri juga harus dilandaskan pada prinsip kehati-hatian, Jokowi meminta.

“KSSK sering ketemu dan bicara untuk menjaga stabilitas sistem keuangan. Kalau situasi normal nggak apa-apa tiga bulan sekali, tapi situasi sekarang harus sering ketemu, satu minggu atau dua minggu sekali ketemu. Ngopi bareng-bareng nggak ada masalah. Nggak usah serius-serius tapi saling bertukar angka dan hitungan-hitungan,” jelas  Jokowi di Komplek Bank Indonesia, Rabu (29/11/2023).

KSSK merupakan forum yang berisi para pengambil kebijakan sektor moneter dan fiskal. Secara berkala KSSK menggelar rapat koordinasi untuk membahas tantangan dalam menjaga stabilitas perekonomian, yang kemudian dilaporkan kepada presiden. 

Menurut Jokowi negara harus selalu merespon secara cepat situasi yang terjadi di dunia saat ini. "Yang paling penting juga antisipasi terhadap semua skenario ke depan, cepat respon setiap perubahan. Cek terus di lapangan, selesaikan dengan cepat kalau ada masalah,” kata dia.

Jokowi mengingatkan agar perbankan melangkah secara hati-hati namun tetap harus memiliki kemampuan mendorong pertumbuhan kredit lebih baik.