Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Geram Anggaran Tak Terserap, 9 Tahun Susah Ubah Mindset

Lavinda
29 November 2023 16:01

Presiden Jokowi bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Yudo Margono (Dok. Setpres)
Presiden Jokowi bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Yudo Margono (Dok. Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah untuk menggunakan anggaran dengan disiplin dan tepat sasaran. Terlebih, di tengah situasi geopolitik yang makin memanas, dampak perubahan iklim yang makin terlihat, serta potensi krisis dan resesi yang makin menguat.

Hal ini disampaikan Kepala Negara dalam penyerahan secara digital Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah (TKD) Tahun Anggaran 2024, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/11/2023).

Jokowi menyebutkan, sampai saat ini realisasi anggaran pemerintah pusat baru mencapai 74%, sedangkan pemerintah daerah hanya 64%. Maka itu, Jokowi meminta jajarannya agar merealisasikan belanja negara sesegera mungkin.

“Sejak awal 9 tahun yang lalu saya ingin mengubah ini, tapi ternyata saya cek lagi masih memang mengubah cara kerja, mengubah mindset tidak mudah. Sekali lagi, eksekusi sesegera mungkin, lakukan belanja sesegera mungkin,” tegasnya.

Tak hanya menyerap anggaran dengan segera, Jokowi juga meminta agar pengelolaan anggaran dilakukan dengan mengedepankan transparansi dan akuntabilitas.