Logo Bloomberg Technoz

Fokus para produsen sekarang adalah seberapa jauh harga harus turun untuk membendung gelombang tersebut melalui pengurangan produksi.

“Harga masih jauh di atas level yang dibutuhkan untuk menyeimbangkan pasar,” tulis analis Goldman Sachs Group Inc. dalam sebuah catatan awal pekan ini.

Tren harga lithium. (Dok: Bloomberg)

Setengah dari pelaku pasar yang disurvei BloombergNEF melihat harga akan turun lebih jauh tahun depan, dengan hanya 11% yang mengharapkan kenaikan.

Konsultan industri Benchmark Mineral Intelligence memperkirakan pasar lithium global tidak akan kembali mengalami defisit hingga tahun 2028.

Penurunan harga litium didorong oleh ekspansi produksi yang cepat, terutama dari tambang-tambang berkadar relatif rendah di China — yang telah mengejutkan pasar dengan pertumbuhannya yang pesat.

Ekspansi yang lebih lambat, jika bukan pemangkasan produksi secara langsung, mungkin diperlukan untuk menstabilkan harga.

Penambang litium seperti Albemarle Corp. mengatakan bahwa hal ini sudah mulai terjadi karena harga mencapai level yang mengancam sejumlah proyek berbiaya tinggi.

Permintaan jelas merupakan masalah. Meskipun penjualan mobil listrik global masih tumbuh dengan cepat, namun tidak berkembang secepat yang diperkirakan banyak pihak di industri ini di tengah ketidakpastian ekonomi di China. Lalu terdapat pula faktor kenaikan biaya pinjaman, dan inflasi yang menekan konsumen di negara-negara besar lainnya.

Lemahnya permintaan tersebut menimbulkan bencana pada rantai pasokan yang terlalu banyak barang. Para produsen mobil listrik melakukan perang harga, terdapat banyak sekali baterai dan surplus bahan dan komponen baterai.

Harga nikel turun minggu ini ke level terendah dalam lebih dari dua tahun terakhir.

Penurunan harga litium telah membuat beberapa saham pertambangan menjadi lebih murah. Global X Lithium & Battery Tech ETF berada di sekitar level terendahnya sejak November 2020, sementara Sprott Lithium Miners ETF goyah di dekat level terendahnya sejak diluncurkan pada bulan Februari.

Namun, bagi produsen mobil yang mengalami tekanan margin, dunia dengan terlalu banyak lithium adalah keuntungan. Hal ini mendukung peningkatan kapasitas baterai yang dibutuhkan untuk adopsi EV yang lebih luas, dan memberikan kelonggaran bagi produsen untuk memenangkan hati konsumen yang sadar akan harga.

(bbn)

No more pages