Logo Bloomberg Technoz

Diketahui, Binance dan Zhao diputus bersalah karena melanggar aturan anti pencucian uang. Keduanya diwajibkan membayar denda masing-masing US$4,3 miliar (sekitar Rp67 triliun) dan US$50 juta (Rp780 miliar), seperti yang ditegaskan Jaksa penuntut bahwa keduanya melepas kontrol penuh hingga bursa  dipakai sebagai jalur pemindahan miliaran dolar AS dari para hacker, teroris, ataupun penjahat lain selama bertahun-tahun.

Lewat keputusan di AS, Zhao sebagai tokoh kripto paling berpengaruh di dunia, sepakat mundur dari kursi CEO Biance. Saat berita ini disiarkan membuat kaget penggiat pasar aset digital dunia. Apalagi terdapat tuntutan penjara kepada Zhao 10 tahun, namun diperkirakan hanya akan mendapatkan tidak lebih dari 18 bulan di bawah kesepakatan pembelaan — hal yang menyelamatkannya dari hukuman berat. 

Prospek Kripto Pasca Putusan Binance

Dengan diumumkannya hasil investigasi Binance dianggap menjadi celah optimisme yang berhati-hati di pasar aset digital. Token seperti Bitcoin dan BNB - koin yang terkait dengan ekosistem Binance milik Changpeng Zhao - mendapat angin segar setelah putusan bersalah oleh Departemen Kehakiman.

Bitcoin pada tengah minggu ini diperdagangkan pada US$37,385 atau naik sekitar 1% sejak laporan tersebut, sementara BNB 6% lebih tinggi pada level US$263. Token yang lebih kecil bervariasi, termasuk penurunan seperti SOL milik Solana dan Dogecoin yang menjadi meme favorit.

“Resolusi untuk penyelidikan Binance akan sangat positif mengingat peran kepemimpinan bursa dalam likuiditas,” kata Richard Galvin co-founder Digital Asset Capital Management. Pada saat yang sama, investor mencerna “reli pasar yang sangat kuat” selama beberapa minggu terakhir, katanya.

Monitoring pasar aset digital kripto bahwa BNB mengalami reli harga. (Dok: Bloomberg)

Meskipun denda finansial akan menjadi salah satu yang terbesar yang dikenakan terhadap perusahaan oleh pemerintah AS, resolusi dapat meredakan kekhawatiran tentang masa depan Binance.

Bursa ini adalah yang terbesar di sektor aset digital dan digunakan untuk perdagangan spot dan derivatif - meskipun dominasinya telah menurun karena Binance menghadapi penyelidikan peraturan di yurisdiksi utama.

“Jika Binance menyelesaikan gugatan pidana, itu berarti industri kripto akan menghilangkan hambatan terbesar untuk peluncuran pasar bullish tahun depan,” kata Cici Lu McCalman, founder perusahaan penasihat blockchain Venn Link Partners.

Spekulan aset digital juga mencerna eskalasi terbaru dari tindakan keras terhadap kripto di AS setelah Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) menuduh bursa Kraken melakukan pelanggaran hukum sekuritas. Kraken mengatakan tidak setuju dengan gugatan SEC dan berencana untuk “mempertahankan posisinya secara penuh.”

Pasar kripto telah pulih sebagian tahun ini dari kerugian besar-besaran pada 2022, dengan Bitcoin naik lebih dari dua kali lipat. Terdapat pula harapan SEC siap untuk menyetujui ETF Spot Bitcoin diperdagangkan di bursa tradisional untuk pertama kali.

“Ini adalah berita yang lebih baik daripada ETF Bitcoin,” kata Zaheer Ebtikar, founder Split Capital, tentang potensi resolusi penyelidikan terhadap Binance. “Dengan asumsi tidak ada penyelidikan lebih lanjut, ini adalah yang terbaik yang bisa dilakukan.”

Perihal detail keuangan Binance adalah rahasia yang sangat dijaga, namun diperkirakan perusahaan menghasilkan sekitar US$20 miliar pendapatan selama booming kripto pada tahun 2021, menurut analisis Bloomberg tahun lalu tentang volume dan biaya perdagangannya.

Changpeng Zhao CEO Binance Holdings Ltd. (Dok: Bloomberg)

“Binance tidak kekurangan modal dan denda uang sering kali menjadi biaya untuk melakukan bisnis di lingkungan yang aturannya tidak jelas,” kata Greg Moritz, founder dan COO AltTab Capital. “Dalam jangka panjang, ini hampir pasti merupakan kabar baik karena memberikan kejelasan lebih lanjut tentang seperti apa penegakan hukum itu nantinya dan pasar menyukai kejelasan.”

(bbn)

No more pages