Logo Bloomberg Technoz

Layani 2.000 Pasien Lebih, RS Lapangan Indonesia di Turki Ditutup

Sultan Ibnu Affan
27 February 2023 07:34

RS Lapangan Indonesia di Turki resmi mengakhiri pelayanan medisnya hari ini, Senin (27/2/2023). (Dok. KBRI Ankara)
RS Lapangan Indonesia di Turki resmi mengakhiri pelayanan medisnya hari ini, Senin (27/2/2023). (Dok. KBRI Ankara)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Rumah Sakit (RS) Lapangan yang dibangun Indonesia di kota Hassa, Provinsi Hatay, Turki akan resmi mengakhiri misi operasi pelayanan medisnya pada hari ini, Senin (27/2/2023).

"Petugas dan dokter Ina-EMT memang akan mengakhiri misi medis kedaruratannya secara resmi pada tanggal 27 Februari 2023," kata Lalu Muhammad Iqbal, Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Turki dalam keterangan resminya.

Sejak dibangun pada 15 Februari, RS Lapangan seluas 2,5 hektar itu telah melayani pengobatan medis hingga lebih dari 2.000 pasien masyarakat setempat. Selain pengobatan medis, RS juga memberikan pelayanan kesehatan jiwa kepada korban gempa yang mengalami trauma pascabencana di sekitar wilayah tersebut.

Lalu mengatakan, tepat sehari sebelum resmi mengakhiri layanannya, RS Lapangan tersebut beroperasi melebihi kapasitasnya, dengan kunjungan 325 pasien masyarakat setempat, jauh melebih kapasitas harian sebanyak 150 pasien. 

"Meski jauh melebihi kapasitas hariannya yang sebanyak 150 pasien, seluruh dokter dan petugas Ina-EMT tetap melayani para pasien tersebut hingga pukul 21.00 malam hari [waktu setempat]," lanjut Lalu.

Pasien warga setempat yang akan melakukan pengobatan di RS Lapangan Indonesia di kota Hassa, Hatay, Turki. (Dok. KBRI Ankara).

Artikel Terkait