Logo Bloomberg Technoz

Golkar Siapkan Kader Muda Jadi Cagub Jawa Tengah, Sekoci Gibran?

Fransisco Rosarians Enga Geken
22 November 2023 15:40

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto. (Bloomberg Technoz/Mis Fransiska Dewi)
Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto. (Bloomberg Technoz/Mis Fransiska Dewi)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memberi isyarat akan mengusung tokoh muda untuk maju sebagai calon Gubernur Jawa Tengah pada Pilkada Serentak 2024. Hal ini disampaikan usai partai berlambang pohon beringin tersebut menetapkan 1.117 bakal calon kepala daerah.

“Pokoknya ada anak muda,” kata Airlangga seperti dikutip dari laman Partai Golkar, Rabu (22/11/2023).

Sebelum menjadi cawapres, pengurus Partai Golkar Jawa Tengah telah berulang kali memastikan akan mengusung putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka. Rencana ini akan batal jika Koalisi Indonesia Maju berhasil memenangkan Prabowo Subianto dan Gibran pada Pemilu 2024. 

Partai Golkar sebenarnya punya tokoh muda yang juga mulai naik daung di Jawa Tengah. Salah satunya adalah Bupati Kendal, Dico Mahtado Ganinduto yang berusia 33 tahun. Dico sendiri kerap ditampilkan bersahabat dan dekat dengan Gibran dalam sejumlah acara di Jawa Tengah.

Namun, belum bisa dipastikan alasan Airlangga tak langsung menyebut nama Dico sebagai bakal Cagub Jawa Tengah. Apakah mungkin jadi rencana cadangan jika pertarungan pada Pemilu berlangsung sengit sehingga Prabowo dan Gibran tumbang.