Logo Bloomberg Technoz


1. Apa yang dimaksud dengan mineral penting?

Negara-negara telah lama berupaya mengamankan pasokan bahan-bahan mineral yang mereka anggap penting bagi kemampuan industri dan militer mereka.

Sekitar 50 unsur logam dan mineral memenuhi kriteria tersebut di AS dan Uni Eropa, termasuk litium, grafit, kobalt, mangan, dan tanah jarang – unsur-unsur dengan perilaku kimia unik yang menjadikannya sangat diperlukan dalam pembuatan beberapa produk elektronik, magnetik, dan optik.

Sebagian besar mineral penting dipilih karena perannya dalam membangun infrastruktur yang diperlukan untuk mengurangi emisi karbon yang dianggap sebagai penyebab perubahan iklim, sebuah misi yang didukung oleh subsidi dan keringanan pajak senilai ratusan miliar dolar. Beberapa juga digunakan dalam semikonduktor untuk komunikasi sipil dan militer.

2. Mengapa mencari sumber daya tersebut merupakan suatu tantangan?

Meskipun banyak mineral penting dapat ditemukan dalam keadaan mentah dalam jumlah besar di seluruh dunia, mengekstraksi dan memurnikannya menjadi bentuk yang dapat digunakan dapat menjadi proses yang rumit secara teknis, boros energi, dan menimbulkan polusi.

China telah mendominasi rantai nilai sebagian besar produk-produk ini. Bahkan, dalam kasus logam yang melimpah seperti tembaga, pertumbuhan permintaan yang besar berarti jumlah logam yang tersedia mungkin tidak mencukupi.

Pada 2023, Uni Eropa (UE) untuk pertama kalinya mengkategorikan tembaga dan nikel sebagai bahan baku penting, meskipun ada banyak tempat di mana bahan-bahan tersebut dapat ditemukan.

Masalah manajemen mineral di Eropa./dok. Bloomberg

3. Mengapa ketergantungan pada China menjadi masalah bagi negara-negara Barat?

Produsen berusaha menghindari ketergantungan yang berlebihan pada pasokan dari suatu negara karena hal ini akan membuat mereka terpapar ketika hasil industri negara tersebut terganggu oleh hal-hal seperti kekurangan listrik, epidemi, atau kerusuhan sosial.

Terkait dengan China, ada juga ketegangan hubungan dengan AS yang perlu dipertimbangkan, karena ketegangan tersebut dapat berkembang menjadi perang dagang yang melibatkan tarif yang bersifat menghukum atau pembatasan ekspor.

Pada Juli 2023, China memberlakukan pembatasan ekspor galium dan germanium, sebuah tindakan yang kemungkinan akan meningkatkan biaya bagi beberapa produsen peralatan elektronik dan optik. Pada Oktober, mereka mengumumkan kontrol ekspor beberapa jenis grafit, bahan dalam baterai kendaraan listrik.

Ekspor mineral kritis makin sulit./dok. Bloomberg

4. Bagaimana China menjadi begitu dominan?

Pada awal 1992, pemimpin China Deng Xiaoping menyoroti potensi negaranya untuk memimpin dunia dalam bidang mineral penting, dengan mengatakan “Timur Tengah memiliki minyak. China memiliki tanah jarang.”

Seiring dengan percepatan pertumbuhan ekonomi, permintaan China terhadap komoditas industri mulai jauh melebihi cadangan lokal.

Hal ini ditanggapi dengan investasi besar-besaran pada aset pertambangan di luar negeri dan secara bertahap mendominasi penyulingan dan pengolahan hampir setiap komoditas industri, serta sejumlah produk sampingan yang tidak jelas.

Ketika China turun tangan, perusahaan-perusahaan Barat menarik diri dan dengan senang hati melakukan outsourcing produksi. Saat ini, China adalah produsen utama 20 bahan baku penting, yang diukur berdasarkan pangsa produksi pertambangan atau pemurnian global.

Dalam kasus disprosium unsur tanah jarang, yang digunakan dalam penerangan dan laser, China bertanggung jawab atas 84% pasokan tambang dan 100% produksi olahan, menurut analisis UE.

Negara ini juga merupakan produsen kobalt dan nikel olahan terbesar, dan perusahaan-perusahaan China telah banyak berinvestasi di tambang kobalt dan nikel di negara-negara seperti Kongo dan Indonesia.

5. Apa yang dilakukan pesaing ekonomi China terhadap hal ini?

Undang-Undang Pengurangan Inflasi Tahun 2022 yang dicanangkan oleh Presiden Joe Biden bertujuan membantu AS mencapai tujuan iklimnya melalui investasi penciptaan lapangan kerja di bidang energi terbarukan dan kendaraan listrik, serta mengurangi ketergantungan pada pemasok luar negeri yang tidak dapat diandalkan atau bermusuhan.

Undang-Undang Bahan Baku Kritis UE, yang disetujui oleh parlemen dan negara-negara anggota UE pada November 2022, bertujuan untuk memudahkan pembiayaan dan izin proyek pertambangan dan pemurnian baru di dalam negeri dan menyerang aliansi perdagangan untuk mengurangi ketergantungan Eropa pada pemasok China.

Amerika dan negara-negara Eropa juga berupaya mencapai kesepakatan pasokan dan kemitraan investasi dengan negara-negara produsen lainnya. Namun posisi China yang mapan di banyak negara tersebut memberinya keuntungan awal.

Misalnya, lebih dari separuh tambang kobalt di Republik Demokratik Kongo dimiliki atau dikendalikan oleh perusahaan China.

Ketika AS sedang membangun jaringan pasokan litium dengan mitra perdagangan bebas seperti Kanada dan Australia, China sedang mengkonsolidasikan hubungan dengan negara-negara Afrika yang akan menjadi salah satu produsen logam terbesar di dunia pada akhir dekade ini.

(bbn)

No more pages