Logo Bloomberg Technoz

Kanselir Jerman Scholz ke India Bawa Delegasi Bisnis Papan Atas

News
25 February 2023 16:09

Pertemuan Kanselor Jerman Olaf Scholz dan PM India Narendra Modi di New Delhi (Bloomberg)
Pertemuan Kanselor Jerman Olaf Scholz dan PM India Narendra Modi di New Delhi (Bloomberg)

Michael Nienaber dan Sudhi Ranjan Sen -Bloomberg News-

Bloomberg Technoz- Kanselir Jerman Olaf Scholz melakukan kunjungan kerja perdana ke India pada pekan ini. Kunjungan tersebut bertujuan untuk memperkuat hubungan dengan negara yang dipimpin Perdana Menteri (PM) Narendra Modi tersebut dalam bidang energi hijau, iklim hingga pertahanan.

Namun di samping ingin meningkatkan level kerja sama dengan India, Kanselir Scholz juga akan membahas soal perang Rusia-Ukraina dengan PM Modi. Diketahui Eropa dan sekutunya masih terus menjatuhkan sanksi terhadap Rusia dan berusaha menekan Presiden Vladimir Putin.

Sementara selama ini India masih melakukan impor minyak dari Rusia bahkan mendapatkan pengurangan harga. Sementara Jerman dan sejumlah negara lain menjatuhkan sanksi dan memutus hubungan perdagangan minyak dan batu bara dari Rusia.

India pada tahun ini menjadi Presidensi G20 juga belum pernah turut dalam pernyataan sikap mengecam Rusia atas invasi ke Ukraina tersebut. Menurut sumber Bloomberg News di pemerintahan Jerman, kedatangan Scholz ke India karena itu membawa rombongan pengusaha teras yang akan siap berinvestasi di India. Mereka datang ke New Delhi dan Bengaluru.