Logo Bloomberg Technoz

Bawaslu Investigasi Hadirnya Gibran di Acara Ribuan Kepala Desa

Pramesti Regita Cindy
20 November 2023 15:20

Gibran Rakabuming Raka. (Dok: Youtube Gerindra TV)
Gibran Rakabuming Raka. (Dok: Youtube Gerindra TV)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Hadirnya Cawapres Gibran Rakabuming Raka di acara Silaturahmi Nasional Desa Bersatu 2023 yang diadakan oleh 8 organisasi aparat perangkat desa menuai sorotan. Acara itu dihelat di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno, Jakarta pada Minggu (19/11/2023). Diketahui di acara tersebut hadir ribuan kepala desa dan aparat yang notabene merupakan aparat pemerintahan yang harus netral.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Rahmat Bagja mengatakan, pihaknya sedang mencermati rekaman video Gibran hadir di acara perangkat desa itu. Dia mengatakan, pada saat ini belum masuk tahapan kampanye sehingga harusnya tak ada ajakan memilih.

"Pertama di sana ada ajakan enggak? Laporan dari pengawas yang ada, tidak ada ajakan memilih. Tetapi ya kita lihat nanti pas video yang ada kita lihat nanti dan kita teliti laporan dari pengawas yang ada di lapangan," kata Rahmat Bagja di gedung DPR, Jakarta, Senin (20/11/2023).

Namun dia mengakui, bisa ada potensi pelanggaran jika calon presiden maupun calon wakil presiden hadir di acara aparat desa termasuk kepala dasa apalagi kalau kemudian melibatkan dalam hal dukungan dan masuk tim kampanye.

"Pertama tidak boleh menggunakan aparat desa dan kepala desa sebagai tim kampanye. Itu jelas dalam UU. Ingat, larangan kampanye Pasal 280," lanjut dia.