Logo Bloomberg Technoz

Alasan Firli Bahuri Ngumpet Usai Diperiksa di Bareskrim Polri

Fransisco Rosarians Enga Geken
20 November 2023 10:55

Konfrensi pers penjelasan Ketua KPK Firli Bahuri. (Tangkapan Layar Youtube KPK)
Konfrensi pers penjelasan Ketua KPK Firli Bahuri. (Tangkapan Layar Youtube KPK)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri membeberkan alasannya berupaya sembunyi hingga menutupi wajahnya dengan tas usai menjalani pemeriksaan di Kantor Badan Reserse Kriminal (Bareskrim Polri), Kamis (16/11/2023).

Pada saat itu, menurut Firli, dia kesulitan menemukan dan menjangkau kendaraan pribadinya yang terparkir jauh dari Kantor Bareskrim. Sebelumnya, ketua KPK tersebut memang menggunakan titik parkir khusus yang memungkinkan dirinya menyelinap ke atau dari kantor Bareskrim tanpa diketahui wartawan.

Meski demikian, dia berkukuh membantah tengah berupaya menghindar dari para wartawan yang menunggu di Mabes Polri. Dia justru menuding Bareskrim Polri telah menjadi lembaga asing bagi pensiunan jenderal bintang tiga tersebut.

"Saya 40 tahun mengabdi kepada bangsa dan negara hingga berhenti sebagai purnawirawan komisaris jenderal di kepolisian," kata Firli di Gedung KPK, Senin (20/11/2023). "Kemaren saya bertanya mengapa markas besar itu terasa asing bagi saya."

Usai pemeriksaan, dia mengatakan, ada seorang yang menawarkan kendaraan pribadinya untuk digunakan ke luar kawasan Mabes Polri. Firli pun setuju akan tetapi upayanya menyelinap diketahui wartawan yang langsung menghampiri kendaraan yang tengah melaju pelan tersebut. 

Ketua KPK Firli Bahuri menutupi wajahnya usai menjalani pemeriksaan. (Istimewa)