Logo Bloomberg Technoz

Pengacara Sebut Wajar Firli 'Ngumpet' Usai Diperiksa Polisi

Pramesti Regita Cindy
17 November 2023 15:50

Ketua KPK Firli Bahuri menutupi wajahnya usai menjalani pemeriksaan. (Istimewa)
Ketua KPK Firli Bahuri menutupi wajahnya usai menjalani pemeriksaan. (Istimewa)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Rekaman video Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri usai diperiksa Polda Metro Jaya (PMJ) dan Bareskrim viral sejak Kamis (16/11/2023). Usai diperiksa dari gedung Bareskrim selama 4 jam, Firli sengaja keluar dari gedung Rupatama yang memang terhubung dengan gedung pemeriksaan.

Namun saat dia tertangkap kamera wartawan, dia buru-buru masuk ke mobil lalu  menutupi wajahnya. Firli juga melorotkan diri di jok mobil agar menghindari kamera dan pertanyaan awak media. Padahal Ketua KPK itu sebenarnya sudah mengenakan masker tetapi masih menutupi wajahnya dengan tas kecil. 

Namun pengacara Firli yakni Ian Iskandar membela kliennya. Dia menilai tindak-tanduk Firli tersebut adalah hal yang wajar.

"Ya karena hal yang rasional dia dipanggil sebagai saksi tapi di-framing seolah-olah sudah jadi tersangka. Kan wajar ada dampak secara psikologislah," kata Ian kepada Bloomberg Technoz, Jumat (17/11/2023).

Sementara itu Koordinator Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI), Boyamin Saiman menilai hal yang dilakukan Firli tak sportif bahkan memalukan.