Logo Bloomberg Technoz

Pasar Industri Otomotif Diprediksi Flat pada 2024

Dovana Hasiana
17 November 2023 13:50

Ilustrasi Penjualan Mobil Toyota (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Penjualan Mobil Toyota (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) memprediksi pasar industri otomotif Indonesia akan stagnan (flat) pada 2024. 

“Menggunakan asumsi APBN mungkin akan naik sedikit, (tapi) asumsi beberapa parameter lainnya cenderung flat, mungkin 5% pertumbuhannya. Jadi kita pikirkan market (otomotif) di Indonesia akan flat,” ujar Deputy General Manager Business Strategy Division PT Isuzu Astra Motor Indonesia Rian Erlangga dalam agenda Workshop Wartawan Industri, di Menara Astra, Jakarta Pusat, Jumat (17/11/2023).

Rian mengatakan setidaknya terdapat 3 faktor yang mempengaruhi penjualan otomotif, khususnya truk di Indonesia. Pertama, belanja pemerintah (government spending). IAMI berharap belanja pemerintah bisa direalisasikan khususnya pada pemilihan umum (Pemilu) 2024. Dia mengatakan seluruh komponen industri bisa berjalan dengan adanya perputaran uang tersebut. 

Faktor kedua yang juga mempengaruhi pertumbuhan penjualan truk adalah komoditas, seperti batu bara dan minyak kelapa sawit (palm oil). Bila komoditas mengalami pertumbuhan signifikan, maka penjualan truk juga akan bergerak dengan signifikan. Namun, komoditas itu juga diperkirakan akan stagnan dan menghambat pertumbuhan penjualan truk.

Ketiga adalah konsumsi rumah tangga. Bila sistem politik berjalan stabil, kata dia, maka konsumsi akan lebih cepat dan pada akhirnya akan mempengaruhi kinerja penjualan truk di Indonesia.