Logo Bloomberg Technoz

Perusahaan Warren Buffett Obral Obligasi Yen di Bawah Harga Pasar

News
17 November 2023 13:00

Warren Buffett (Sumber: Bloomberg)
Warren Buffett (Sumber: Bloomberg)

Ayai Tomisawa - Bloomberg News

Bloomberg, Berkshire Hathaway Inc milik Warren Buffett menjual obligasi yen dengan harga lebih rendah dalam kesepakatan keduanya di Jepang tahun ini, seiring dengan meningkatnya spekulasi investor miliarder itu mungkin akan menyuntikkan lebih banyak uang ke pasar saham Jepang.

Dalam penawaran senilai 122 miliar yen atau setara Rp12,5 triliun untuk lima tenor surat utang mulai dari tiga hingga 35 tahun, perusahaan ini mampu mengurangi selisih dibandingkan dengan penjualan sebelumnya. 

Mereka menetapkan harga obligasi tiga tahun dengan premi sebesar 59 basis poin dibandingkan dengan 75 basis poin di bulan April, saat volatilitas pasar meningkat  setelah penunjukan Kazuo Ueda sebagai gubernu Bank Sentral Jepang atau Bank of Japan (BOJ), dan masalah sektor perbankan di luar negeri.

Berkshire merupakan salah satu penerbit utang yen luar negeri terbesar. Sebanyak 32 dari 40 transaksi obligasi terakhirnya dilakukan dalam mata uang Jepang. Perusahaan ini juga merupakan investor aktif di saham Jepang.