Logo Bloomberg Technoz

Pada Juni, Buffett mengumumkan dia telah meningkatkan kepemilikannya di perusahaan-perusahaan seperti Mitsubishi Corp dan Itochu Corp. Hal ini meningkatkan sentimen untuk pasar saham secara keseluruhan, dan mendorong saham ke level tertinggi dalam 33 tahun.

Seorang analis dari Daiwa Securities Co menulis awal bulan ini bahwa investor veteran tersebut mungkin sedang melihat bank-bank Jepang, perusahaan asuransi, dan produsen otomotif sebagai target investasinya selanjutnya.

Kupon obligasi Berkshire naik dibandingkan dengan penjualan bulan April. Namun peningkatannya lebih kecil dibandingkan dengan tingkat swap yang setara, yang digunakan untuk menghitung premi. Sehingga, menyebabkan selisihnya menjadi lebih ketat. 

Sebagian besar ekonom memperkirakan BOJ akan mengubah kebijakan moneternya yang sangat longgar pada April. Meskipun Ueda telah mengisyaratkan bahwa perubahan kebijakan hanya akan dilakukan secara bertahap, dan imbal hasil obligasi pemerintah Jepang telah turun dari level tertingginya dalam beberapa sesi terakhir.

"Meskipun ada ekspektasi meningkatnya suku bunga mendatang, kami merasa bahwa kesepakatan tiga tahun Berkshire dengan kupon hampir 1% relatif menarik," kata Haruyasu Kato, seorang pengelola dana di Asset Management One.

"Sungguh luar biasa bahwa perusahaan ini berhasil menyelesaikan penawaran sekitar 120 miliar yen dalam kondisi yang sulit, di mana sejumlah penawaran telah dibatalkan atau ditunda."

Penerbitan obligasi yen dari penerbit asing tetap kuat, bahkan setelah BOJ secara efektif melonggarkan batasan 1% pada imbal hasil obligasi negara bertenor 10 tahun bulan lalu. Peminjam korporasi dan negara asing, termasuk negara-negara pasar berkembang seperti Polandia, sedang memanfaatkan biaya pendanaan yang lebih murah karena tingkat suku bunga Jepang masih rendah dibandingkan dengan sebagian besar negara lain.

"Lebih banyak emiten asing yang mengunjungi Jepang daripada yang bisa saya ingat, dan saya bertemu dengan setidaknya tujuh atau delapan penerbit obligasi hanya minggu ini," kata Shunsuke Oshida, kepala riset kredit di Manulife Investment Management Jepang. "Suku bunga relatif stabil, dan mereka mungkin berpikir bahwa mereka bisa mendapatkan dana dengan murah."

Bagi emiten asing seperti Berkshire yang berinvestasi dalam aset yen, penggalangan dana dalam mata uang Jepang dapat bermanfaat karena mereka tidak perlu membayar biaya pertukaran valuta asing.

Menurut data yang dikompilasi oleh Bloomberg, penjualan obligasi yen sejak awal tahun fiskal pada 1 April meningkat lebih dari 50% menjadi sekitar 2,5 triliun yen. Angka tersebut paling tinggi dalam lima tahun.

(bbn)

No more pages