Logo Bloomberg Technoz

Perbaiki Hubungan dengan AS, China Kembali Pakai Diplomasi Panda

News
17 November 2023 08:00

Xi Jinping dan Joe Biden di San Francisco (Sumber: X @SpokespersonCHN)
Xi Jinping dan Joe Biden di San Francisco (Sumber: X @SpokespersonCHN)

Zibang Xiao, Jacob Gu dan Justin Sink - Bloomberg News

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Xi Jinping mengindikasikan bahwa China akan memperbarui "Diplomasi Panda" dengan Amerika Serikat (AS) dengan kembali mengirimkan beruang-beruang tersebut ke kebun binatang AS. Hal ini menandakan niat Xi untuk menstabilkan hubungan antara dua negara dengan perekonomian terbesar di dunia tersebut.

"Panda telah lama menjadi utusan persahabatan antara rakyat China dan Amerika," kata Xi selama makan malam dengan para eksekutif bisnis di sela-sela KTT APEC di San Francisco pada Rabu. "Kami siap untuk melanjutkan kerja sama kami dengan Amerika Serikat dalam konservasi panda, dan melakukan yang terbaik untuk memenuhi keinginan masyarakat California guna memperdalam ikatan persahabatan antara rakyat kami."

Pernyataan Xi ini muncul beberapa jam setelah dia menyelesaikan pertemuan pertamanya dengan Presiden AS Joe Biden setelah setahun. Keduanya mencapai beberapa kesepakatan kecil, termasuk kesepakatan untuk mencoba mengatasi krisis fentanyl dan memulihkan komunikasi militer yang terputus setelah mantan Ketua DPR Nancy Pelosi mengunjungi Taiwan tahun lalu.

Potensi kerja sama baru terkait panda muncul ketika AS menghadapi kemungkinan kehilangan semua beruangnya pada akhir tahun depan karena perjanjian pinjaman saat ini telah berakhir. China belum menjelaskan mengapa lembaga satwa liar mereka tidak menandatangani kesepakatan baru dengan kebun binatang AS, tetapi penyerahan beruang ini terjadi di tengah meningkatnya ketegangan dengan Washington.