Logo Bloomberg Technoz

Usia Harapan Hidup RI Naik, Tapi Masih Kalah dengan Negeri Jiran

Tim Riset Bloomberg Technoz
15 November 2023 18:10

Lansia di Singapura. Usia Harapan Hidup Singapura menjadi yang tertinggi di ASEAN mencapai 84,7 tahun (Sumber: Bloomberg)
Lansia di Singapura. Usia Harapan Hidup Singapura menjadi yang tertinggi di ASEAN mencapai 84,7 tahun (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Usia harapan hidup di Indonesia terus meningkat dan tahun ini menjadi 73,9 tahun. Tiga belas tahun silam, usia harapan hidup orang Indonesia masih di angka 69,81 tahun. 

Kenaikan usia harapan hidup itu mengindikasikan peningkatan kualitas kesehatan masyarakat sehingga memungkinkan seseorang hidup lebih lama. Selain itu, semakin tinggi usia harapan hidup juga bisa dibaca sebagai salah satu pertanda semakin baik kesejahteraan masyarakatnya.

Namun, meski mencatat kenaikan, tingkat usia harapan hidup orang Indonesia bukanlah yang tertinggi di kawasan Asia Tenggara.

Usia harapan hidup orang Indonesia masih kalah dibandingkan Malaysia (74,8 tahun), Thailand (79,91 tahun) dan Singapura (84,27 tahun). Juga masih di bawah Brunei Darussalam (74,54 tahun) serta Vietnam (74,74 tahun). Indonesia hanya unggul bila dibandingkan Filipina (72, 3 tahun), Kamboja (71,46 tahun) dan Myanmar (67,46 tahun). Akan tetapi, tingkat usia harapan hidup RI itu masih di atas usia harapan hidup global alias global life expectancy.

Berdasarkan data Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang dilansir oleh World Population Review, usia harapan hidup di dunia adalah 73,4 tahun. Sementara kisaran usia harapan hidup di dunia jaraknya cukup lebar di mana usia harapan terendah di dunia saat ini adalah kawasan Afrika Barat di angka 57,7 tahun, sedangkan usia harapan hidup tertinggi ada di kawasan Eropa Barat yaitu 82,7 tahun.