Logo Bloomberg Technoz

Tanimbar Diguncang Gempa M 7,2, Proyek Blok Masela Aman?

Sultan Ibnu Affan
08 November 2023 16:25

Pertambangan minyak onshore./dok. SKK Migas
Pertambangan minyak onshore./dok. SKK Migas

Bloomberg Technoz, Jakarta – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) melaporkan proyek Lapangan Abadi Masela tidak terdisurpsi signifikan akibat gempa magnitudo (M) 7,2 yang melanda Tanimbar, Maluku.

Head of Program and Communication Division Hudi Suryodipuro mengatakan kerusakan hanya terjadi di kantor Inpex Corporation, tetapi tidak menganggu proyek di Blok Masela yang masih dalam tahap awal.

“Barusan kami mendapatkan informasi dari Inpex. Saat ini Inpex tidak memiliki fasilitas yang permanen di sana karena masih early stage [tahap awal] di proyek. Saat ini mereka masih menyewa kantor di sana, dan ada minor damage [kerusakan kecil] ke ruangan kantor,” ujarnya, Rabu (8/11/2023).

Peta gempa di Tanimbar, Maluku (BMKG.go.id)

Hari ini, gempa bumi mengguncang Tanimbar, Maluku. Awalnya gempa mengguncang dengan magnitudo (M) 7,2, tetapi kemudian ada guncangan lagi (M) 5,6.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami, sebagaimana dilansir dari laman situs resminya.