Logo Bloomberg Technoz

Emiten Prajogo Pangestu Caplok Saham PTRO Senilai Rp1,45 T

Mis Fransiska Dewi
07 November 2023 16:35

Bisnis jasa minyak dan gas PT Petrosea Tbk (Dok Petrosea.com)
Bisnis jasa minyak dan gas PT Petrosea Tbk (Dok Petrosea.com)

Bloomberg Technoz, JakartaPT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN), emiten pertambangan milik konglomerat Prajogo Pangestu, mengumumkan akan membeli 34% saham PT Petrosea Tbk (PTRO), milik PT Caraka Reksa Optima (CRO). Hal ini disampaikan dalam pengumuman yang disampaikan dalam pengumuman di salah salah media.

Dalam pengumumannya, CUAN akan mengakuisisi 34% saham PTRO melaui anak usahanya, PT Kreasi Jasa Persada (KJP). CUAN tercatat memiliki sebanyak 99,98% saham KJP.

Pada Selasa (7/11/2023), KJP dan CRO melakukan penandatanganan Perjanjian Pembelian Saham Bersyarat (PPSB). KJP sebagai pihak pembeli, sedangkan CRO sebagai pihak penjual. Jumlah saham milik CRO di PTRO yang akan dibeli dan diambil alih oleh KJP berdasarkan PPSB adalah sebanyak 342.925.700 unit saham atau mewakili 34% saham keseluruhan modal disetor dan ditempatkan PTRO.

Jika mengunakan harga saham pada Rp4.240/unit, maka nilai transaksi tersebut bisa mencapai Rp1,45 triliun.

"Rencana transaksi akan berlaku efektif setelah dipenuhinya seluruh persyaratan pendahuluan sebagai mana yang ditetapkan di dalam PPSB. Apabila transaksi terjadi maka KJP akan menjadi pengendali PTRO," tulis pengumuman tersebut. 

 Tujuan dari pengendalian iaalah untuk menambah aset KJP dan CUAN, memperluas jaringan usaha, serta menjadi bagian rencana jangka panjang CUAN menjadi perusahaan batu bara terintegrasi.